Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{EMPATI19764, author = {Lamaanul Himmah and Dinie Desiningrum}, title = {HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN PENYESUAIAN DIRI PADA SANTRI REMAJA KELAS VII PONDOK PESANTREN ASKHABUL KAHFI}, journal = {Jurnal EMPATI}, volume = {6}, number = {3}, year = {2018}, keywords = {kecerdasan emosional, penyesuaian diri, santri remaja}, abstract = { Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada santri remaja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa kelas VII Pondok Pesantren Askhabul Kahfi. Sampel penelitian berjumlah 125 siswa dari kelas VII A SMP Putra, VII B SMP Putra, VII C SMP Putra, VII MTs Putra, VII MTs Putri, dan VII SMP Putri yang didapatkan melalui teknik proporsional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian diri yang berjumlah 30 aitem (α=0,911) dan skala kecerdasan emosional berjumlah 33 aitem (α=0,898). Hasil analisis dalam penelitian menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan rxy=0,653 dengan p=0,000 (p<0,05), hal itu berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri. Semakin tingginya kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula penyesuaian diri. Berlaku pula sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula penyesuaian diri. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 42,7%, pada penyesuaian diri. Hasil analisis menggunakan uji-t memperlihatkan adanya perbedaan penyesuaian diri dan kecerdasan emosional antara laki-laki dan perempuan, yaitu subjek perempuan lebih tinggi dibandingkan subjek laki-laki. Terdapat perbedaan juga pada penyesuaian diri dan kecerdasan emosional antara santri MTs dan santri SMP, yaitu lebih tinggi kelompok santri MTs. }, issn = {2829-1859}, pages = {337--350} doi = {10.14710/empati.2017.19764}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/19764} }
Refworks Citation Data :
Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri pada santri remaja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 siswa kelas VII Pondok Pesantren Askhabul Kahfi. Sampel penelitian berjumlah 125 siswa dari kelas VII A SMP Putra, VII B SMP Putra, VII C SMP Putra, VII MTs Putra, VII MTs Putri, dan VII SMP Putri yang didapatkan melalui teknik proporsional random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala penyesuaian diri yang berjumlah 30 aitem (α=0,911) dan skala kecerdasan emosional berjumlah 33 aitem (α=0,898). Hasil analisis dalam penelitian menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan rxy=0,653 dengan p=0,000 (p<0,05), hal itu berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri. Semakin tingginya kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula penyesuaian diri. Berlaku pula sebaliknya, semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula penyesuaian diri. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 42,7%, pada penyesuaian diri. Hasil analisis menggunakan uji-t memperlihatkan adanya perbedaan penyesuaian diri dan kecerdasan emosional antara laki-laki dan perempuan, yaitu subjek perempuan lebih tinggi dibandingkan subjek laki-laki. Terdapat perbedaan juga pada penyesuaian diri dan kecerdasan emosional antara santri MTs dan santri SMP, yaitu lebih tinggi kelompok santri MTs.
Article Metrics:
Last update:
Jurnal Empati by https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Jurnal Empati and Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all forms and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
Jurnal Empati and the Faculty of Psychology, Universitas Diponegoro, and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Empati are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form Jurnal Empati]. The copyright form should be signed originally, scanned, and uploaded as a supplementary file when submitting the manuscript.
Jurnal EMPATI published by Faculty of Psychology, Diponegoro University