skip to main content

PENGALAMAN FANATISME PADA PENGGEMAR AKIHABARA (AKB) GRUP

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 5 Apr 2017.

Citation Format:
Abstract

Menjadi penggemar dari suatu grup adalah salah satu pilihan hidup individu. Salah satu hal yang biasa dilakukan penggemar adalah perilaku fanatisme. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan perspektif fenomenologis yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman fanatisme pada penggemar salah satu idol group di Jepang, yaitu AKB grup. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Subjek diambil dengan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik eksplikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki pengalaman fanatisme yang berbeda. Awal dikenalkan AKB grup oleh kakak atau temannya, ketiga subjek memiliki penilaian masing-masing terhadap AKB grup dan evaluasi dilakukan sebelum subjek memutuskan untuk menjadi penggemar AKB grup, setelah itu ketiga subjek mengambil keputusan untuk menjadi penggemar AKB grup. Jumlah anggota AKB grup yang banyak membuat subjek memilih idola yang disukai, ketiga subjek memiliki ketertarikan interpersonal yang berbeda dalam memilih idola favoritnya, perbedaan subjek perempuan dan subjek laki-laki dalam memilih idolanya yaitu subjek perempuan cenderung melihat bagaimana sikap yang dimiliki idolanya, sedangkan subjek laki-laki cenderung memiliki ketertarikan fisik. Pengalaman subjek menjadi penggemar AKB grup mendapatkan berbagai pengaruh dari lingkungan sekitarnya, dimana pengaruh tersebut membuat ketiga subjek mengkonstruk ulang bagaimana menjadi penggemar yang baik. Perubahan dalam mendukung idolanya dirasakan ketiga subjek, hal tersebut didapat saat subjek bertemu dengan berbagai teman sesama penggemar, reaksi lingkungan sekitar, dan kemampuan diri setiap subjek tentang mendukung idolanya.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Fanatisme; kelompok; AKB Grup

Article Metrics:

  1. Hashi. (2012). Idolatry; or why AKB48 has taken over Japan. Diunduh dari
  2. https://www.tofugu.com/japan/japanese- idols/
  3. Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta : Salemba Humanika
  4. Myers, D. G. (2012). Psikologi sosial (Social psychology). Jakarta: Salemba Humanika
  5. Pichler, E. A., & Hemetsberger, A. (2007). ‘Hopelessly devoted to you’-Towards an extended conseptualization of consumer devotion. Advances in consumer research, 34, 194-199
  6. Diunduh dari http://acrwebsite.org/volumes/12759/volumes/v34/NA-34
  7. Storey, J. (2006). Cultural studies dan kajian budaya pop: pengantar komprehensif Teori dan metode. diterjemahkan oleh Rahmawati Laily. Yogyakarta: Kreasi Wacana

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.