skip to main content

HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 5 Apr 2017.

Citation Format:
Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity intelligence dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015, Fakultas Teknik jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro yang berjumlah 160 mahasiswa.Sampel penelitian berjumlah 110 mahasiswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi (38 aitem, α = 0,907), dan Skala Adversity Intelligence (38 aitem, α = 0,896). Teknik analisis data yang digunakan dalam peneltiian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan rxy = 0,465 dengan p = 0,000 (p<0,05), yang menyatakan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antaran adversity intelligence dengan motivasi berprestasi. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi adversity intelligence, maka semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa.Sebaliknya, semakin rendah adversity intelligence, maka motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswapun semakin rendah.Adversity intelligence memberikan sumbangan efektif sebesar 21,6% pada motivasi berprestasi.

Fulltext View|Download
Keywords: motivasi berprestasi;adversity intelligence; mahasiswa; Jurnal Empati; Undip

Article Metrics:

  1. Awan, R.-U.-N., Noureen, G., & Naz, A. (2011). A study of relationship between achievement motivasion, self-concept and achievement in english and mathematics at secondary level. International Education Studies, 72-79
  2. Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  4. Coon, D., & Mitterer, J. O. (2011). Psychology: A journey fourth edition. Belmont: CT Cengage Learning
  5. Djaali. (2013). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
  6. Dyson, R., & Renk, K. (2006). Freshmen adaptation to university life: Depressive symptoms, stress, and coping. Journal of Clinical Psychology, 1231-1244
  7. Gunarsa, D., & Gunarsa, Y. (2004). Psikologi praktis anak, remaja dan keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia
  8. Haryani, R., & Tairas, M. M. (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 3(1), 30-36
  9. Hawadi, A. R. (2001). Psikologi perkembangan anak: Mengenal sifat, bakat, dan kemampuan anak. Jakarta: Grasindo
  10. Nasir, M. (2012). Kontribusi motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata kuliah listrik dan elektronika otomotif mahasiswa program studi pendidikan teknik otomotif jurusan teknik otomotif FT-UNP. Jurnal Pakar Pendidikan, 10(1), 65-80
  11. Noprianti. (2015). Hubungan adversity quotient dengan motivasi berprestasi pada siswa SMP PGRI 6 Palembang. Jurnal Psikologi Universitas Bina Darma Palemabang
  12. Novilita, H., & Suharnan. (2013). Konsep diri adversity quotient dan kemandirian belajar siwa. Jurnal Psikologi, 8(1), 619-632
  13. Nurhayati, & Fajrianti, N. (2015). Pengaruh adversity quotient (AQ) dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(1), 72-73
  14. Putra, M. R., Hidayati, N. O., & Nurhidayah, I. (2016). Hubungan motivasi berprestasi dengan adversity quotient warga binaan remaja di LPKA kelas II Sukamiskin Bandung. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2(1), 52-61
  15. Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi universitas negeri malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 521-525
  16. Ridho, E. (2016). Hubungan antara adversity quotient dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa yang mengikuti organisasi intra. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Malang
  17. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Erlangga
  18. Singh, K. (2011). Study of achievement motivation in relation to academic achievement of students. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(2), 161-171
  19. Stotlz, P. G. (2004). Adversity quotient. Mengubah hambatan menjadi peluang. Jakarta: Grasindo
  20. Sugiyono. (2011). Metode penelitian: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta
  21. Syafitri, D. D., & Wahyudi, H. (2014). Studi deskriptif adversity quotient mahasiswa berprestasi rendah fakultas psikologi unisba angkatan 2012. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba, 189-197
  22. Syahid, N. (2014). Hubungan antara adversity quotient dan motivasi berprestasi siswa kelas XI MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  23. Thoha, M. (2008). Perilaku organisasi: Konsep dasar dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  24. Vinas, D. K., & Malabanan, M. G. (2015). Adversity quotient and coping strategies of college students in Lyceum of the Philippnes University. Asia Pasific Journal of Education, Arts and Sciences, 2(3), 68-72
  25. Wardiana, I. P., I, W. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara adversity quotient (AQ) dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas V SD di kelurahan pedungan. Jurnal Mimbar PSGD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1)
  26. Widyaningrum, J., & Rachmawati, M. A. (2007). Adversity intelligence dan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Proyeksi, 2(2)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.