skip to main content

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MATERNAL SELF-EFFICACY PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Published: 5 Apr 2017.

Citation Format:
Abstract

Coleman dan Karraker (2000) mendefinisikan parenting self-efficacy sebagai penilaian diri orang tua terhadap kompetensinya dalam melakukan peran sebagai orang tua, atau persepsi orang tua mengenai kemampuan mereka secara positif mempengaruhi perilaku dan perkembangan anak mereka. Salah satu faktor yang mempengaruhi maternal self-efficacy adalah dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial yang dirasakan individu, diperoleh dari orang-orang terdekat dengan maternal self-efficacy. Subjek penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak autism spectrum disorder (ASD). Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 46 orang. Pengumpulan data menggunakan dua skala model Likert yaitu Skala Maternal Self-Efficacy (38 aitem valid, α=.97) dan Skala Dukungan Sosial (40 aitem valid, α=.98) yang telah diujicobakan pada 31 ibu yang mempunyai anak autism spectrum disorder (ASD). Analisis hasil data dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan parenting self-efficacy yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rxy=.46 dengan p=.001 (p<.05). Dukungan sosial memberikan sumbangan efektif sebesar 21% terhadap maternal self-efficacy.

Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial, maternal self-efficacy, ibu, autism spectrum disorder

Article Metrics:

  1. Boyd, B. A. (2002). Examining the relationship between stress and lack of social support in mothers of children with autism. Focus on ASD and Other Developmental Disabilities, 17, 208–217. doi: 10.1177/10883576020170040301
  2. Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2000). Parenting self-efficacy among mothers of school-age children: Conceptualization, measurement, and correlates. Family Relations, 49, 13–24. doi: 10.1111/j.1741-3729.2000.00013.x
  3. Coleman, P. K., & Karraker, K. H. (2003). Maternal self-efficacy beliefs, competence in parenting and toddlers behaviour and developmental status. Infant Mental Health Journal, 24, 126-148. doi: 10.1002/imhj.10048Hallahan,D.P..&Kauffman,J.M.(2006).Exceptionallearners:Anintroductiontospecialeducation(10thed.).Boston:Pearson
  4. Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. INSAN Journal, 13, 01
  5. Jones, T. L., & Prinz, R. J. (2005). Potential roles of parental self-efficacy in parent and child adjustment: A review. Clinical Psychology Review, 25, 341-363. doi: 10.1016/j.cpr.2004.12.00
  6. Martin, C. & Colbert, K. (1997). Parenting A Life Span Perspective. New York, NY: Mc Graw Hill
  7. Sarafino, E. P. (2002). Health psychology: Biopsychosocial interactions (4thed), New York, NY: John Wiley & Sons,Inc
  8. Small, R.P. (2010). A comparison of parental self-efficacy, parenting satisfaction, and other factors between single mothers with and without children with developmental disabilities. Dissertation. Wayne State University Digital Commons@Wayne State University
  9. Sugiyono. (2008). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.