skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH KUDUS

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dengan motivasi belajar pada siswa SMA Muhammadiyah Kudus. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMA Muhammadiyah Kudus sebanyak 294 orang. Sampel penelitian sebanyak 177 orang, sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi yaitu Skala Motivasi Belajar (40 aitem valid, α = 0,955) dan Skala Konformitas (39 aitem valid, α = 0,941). Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy 0,495 dengan p = 0,000 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti yaitu terdapat hubungan positif antara konformitas dengan motivasi belajar dapat diterima. Nilai koefisien korelasi positif menunjukkan bahwa arah hubungan kedua variabel adalah positif, artinya semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi motivasi belajar. Konformitas memberikan sumbangan efektif sebesar 24,5% pada motivasi belajar dan sebesar 75,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: konformitas; motivasi belajar; remaja

Article Metrics:

  1. Baron, R., & Byrne, D. (2003). Psikologi sosial jilid II (edisi 10). Jakarta: Erlangga
  2. Chaplin, J. P. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grefindo Persada
  3. Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: Gema
  4. Ilmu. Hadinata. (2006). Motivasi belajar siswa. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  5. Maslow, A. (2003). Motivasi dan Kepribadian. Jakarta: Midas Surya Grafindo
  6. Santrock, J. W. (2002). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
  7. Santrock, J. W. (2007). Psikologi remaja. Jakarta: Erlangga
  8. Santrock, J. W. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana Media Grup
  9. Sardiman, A. M. (2000). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
  10. Sarwono, S. W. (2011). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Sears, D. O., Peplau, L. A., & Taylor, S. E. (2002). Psikologi sosial edisi keduabelas. Jakarta: Kencana
  12. Winarno, B. (2012). Kebijakan publik : teori, proses, dan studi kasus. Yogyakarta: Caps
  13. Zebua, A., & Nurdjayadi, R. (2001). Hubungan antara konformitas dan konsep diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Phronesis, 3(6), 72-82

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.