skip to main content

GAMBARAN PERILAKU SOSIALITA COSMO LADIES SEMARANG (Sebuah Studi Kualitatif Deskriptif)

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 1 Feb 2017.

Citation Format:
Abstract
Sosialita saat ini sedang marak dibicarakan oleh masyarakat karena merupakan sebuah fenomena sosial yang berkaitan dengan sebuah komunitas. Sosialita ialah sebuah predikat yang disematkan kepada wanita-wanita atau ibu-ibu dengan kriteria tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran pengalaman aktivitas subjek yang tergabung dalam kaum sosialita dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Tujuan menggunakan pendekatan deskriptif adalah untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi. Data yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap subjek dan dianalisis dengan metode eksplikasi data dalam lima tahap. Subjek penelitian berjumlah tiga orang yang diperoleh dengan cara purposive sampling yaitu member arisan sosialita Cosmo Ladies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses ketiga subjek menjadi sosialita dimulai dari episode sebelum bergabung komunitas sosialita, episode proses saat bergabung komunitas sosialita dan episode pasca bergabung komunitas sosialita. Episode sebelum bergabung dengan komunitas sosialita dimulai dengan latar belakang keluarga subjek dan alasan subjek bergabung di arisan sosialita Cosmo Ladies. Perilaku berbelanja dan kegiatan sosialita ada pada episode proses saat bergabung komunitas sosialita. Pada proses bergabungnya subjek didalam suatu arisan sosialita, terdapat complain dan dukungan dari keluarga subjek, sedangkan manfaat dan perubahan diri subjek terdapat pada episode pasca bergabung komunitas sosialita. Pada episode pasca bergabung terdapat pula kendala yang dihadapi subjek dan mengungkapkan harapan subjek sebagai seorang sosialita.
Fulltext View|Download
Keywords: sosialita; konsumtif; kualitatif; deskriptif

Article Metrics:

  1. Fitrohusadi, A. (2015). Hubungan antara locus of control dengan perilaku konsumtif pada penggemar batu akik di kelurahan bukit lama palembang. Jurnal Fakultas Universitas Bina Darma Palembang. Diunduh dari http://digilib.binadarma.ac.id/files/disk/135/123-123apriyanfit-6713-1
  2. Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar-Ruzz Media: Yogyakarta. Roesma, J. & Mulya, N. (2013). Kocok! uncut: The untold stories of arisan ladies and socialites. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
  3. Sarwono, S. W. & Meinarno, E.A. (2009). Psikologi sosial. Salemba Humanika: Jakarta
  4. Soekanto, S. (2013). Sosiologi suatu pengantar. Rajawali Pers: Jakarta. Subandi. (2009). Psikologi dzikir: Studi fenomenologi pengalaman transformasi religius. Pustaka Pelajar: Yogyakarta. Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Alfabeta: Bandung

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.