skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PENGUNGKAPAN DIRI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Mahasiswa tahun pertama sedang mengalami masa transisi dari sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan menuju universitas. Lingkungan yang baru membuat mahasiswa tahun pertama mengalami stres akibat tuntutan-tuntutan yang lebih tinggi sehingga kemampuan membina hubungan dengan orang lain dirasa dapat membantu individu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru melalui pengungkapan dirinya kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan pengungkapan diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Sampel penelitian ini berjumlah 177 mahasiswa, yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah Skala Pengungkapan Diri (33 aitem α = 0,881) dan Skala Kecerdasan Emosional (39 aitem α = 0,863). Hasil analisis data dengan metode analisis regresi sederhana menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,471 dengan p = 0,000 (p < 0,001). Hasil tersebut menunjukkan arah hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan pengungkapan diri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif sebesar 22,2% pada pengungkapan diri mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
Fulltext View|Download
Keywords: kecerdasan emosional; pengungkapan dir;, mahasiswa tahun pertama

Article Metrics:

  1. Goleman, D. (2003). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Mersino, A. (2007). Emotional intelligence for project managers. New York: AMACOM
  3. Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2007). Human communication, second edition. Belmont: Thomson Wadsworth
  4. Nugroho, D. A. (2013). Self disclosure terhadap pasangan melalui media facebook ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Online Psikologi, I(2), 554-565
  5. Nurdin. (2009). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(1), 86-108
  6. Rahmawati, U. M. (2013). Kontribusi penerimaan teman sebaya terhadap pengungkapan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Masaran tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS, I(2), 1-14
  7. Rania, M. (2012). Hubungan antara kecerdasan emosi dan keterbukaan diri pada remaja penyandang tuna daksa di Panti Rehabilitasi Sosial Cacat Tubuh Pasuruan. Skripsi, tidak diterbitkan. Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang
  8. Santrock, J. W. (2011). Life-span development, (13th ed.). New York: McGraw Hill
  9. Supratiknya. (1995). Komunikasi antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.