HUBUNGAN ANTARA PSYCHOSOCIAL SAFETY CLIMATE (PSC) DENGAN KETIDAKAMANAN KERJA PADA KARYAWAN KONTRAK BAGIAN ADMINISTRASI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Yasmine Aulia Gunawan, Endah Mujiasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Psychosocial Safety Climate (PSC) dengan ketidakamanan kerja pada karyawan kontrak bagian administrasi Universitas Diponegoro dan seberapa besar sumbangan efektif PSC terhadap ketidakamanan kerja. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 81 karyawan kontrak bagian administrasi yang bekerja pada 6 dari 14 unit yang berada di Universitas Diponegoro. Pendidikan akhir subjek SMA hingga D3 dengan jumlah populasi 180 karyawan, 45 karyawan dari 4 unit terlibat dalam uji coba. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik cluster random sampling pada tiap-tiap unit. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan Skala PSC (25 aitem valid, α = 0,93) dan Skala Ketidakamanan Kerja (27 aitem valid, α = 0,89). Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan menunjukkan nilai koefisien korelasi antara PSC dengan ketidakamanan kerja adalah sebesar (rxy)= -0,83 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan negatif antara PSC dengan ketidakamanan kerja yang berarti semakin positif PSC maka ketidakamanan kerja akan semakin rendah. PSC memberikan sumbangan efektif terhadap ketidakamanan kerja sebesar 69,4%, sedangkan 30,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Keywords


psychosocial safety climate; ketidakamanan kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats