skip to main content

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN PERILAKU KONSUMTIF MEMODIFIKASI MOBIL PADA REMAJA ANGGOTA KLUB MOBIL DI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Memodifikasi mobil merupakan kegiatan yang dilakukan remaja yang mampu berdampak pada perilaku konsumtif. Memodifikasi mobil merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh para anggota klub mobil dan merupakan kegiatan yang membutuhkan dukungan dari orang terdekatnya seperti orangtua. Peneliti berusaha mengungkapkan hubungan antara perilaku konsumtif memodifikasi mobil dengan dukungan sosial yang bersumber dari orangtua. Subjek penelitian adalah anggota klub mobil Nobility Jong Java Semarang, Ketombe Auto Club Semarang dan Freestyle Exclusive Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pengumpulan data melalui skala perilaku konsumtif dan skala dukungan sosial orangtua. Hipotesis penelitian ini, ada hubungan antara dukungan sosial orangtua yang ditekankan pada memodifikasi mobil dengan perilaku konsumtif memodifikasi mobil pada anggota klub mobil di Semarang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 87 orang dan diambil menggunakan teknik incidental sampling. Metode analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien relasi rxy = 0,600 dengan p = 0,000 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku konsumtif memodifikasi mobil pada anggota klub mobil di Semarang. Hubungan positif menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orangtua yang ditekankan pada memodifikasi mobil, maka perilaku konsumtif memodifikasi mobil juga semakin tinggi. Hal tersebut berlaku pula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orangtua yang ditekankan pada memodifikasi mobil, maka semakin rendah perilaku konsumtif memodifikasi mobil. Sumbangan efektif variabel dukungan sosial pada perilaku konsumtif sebesar 36%, sedangkan 64% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: dukungan sosial orangtua; perilaku konsumtif; remaja

Article Metrics:

  1. Hurlock, E.B. (2006). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
  2. Kotler, P.&Keller, K. L (2009). Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga
  3. Mangkunegara, P. (2012). Perilaku konsumen. Bandung: Refika
  4. Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. New York: John Wiley & Sons
  5. Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  6. Sumartono.(2002). Terperangkap dalam iklan.Meneropong imbas pesan iklan televisi. Bandung: Alfabeta
  7. Taylor, S.E. (2009). Health psychology. New York: Mc-Graw Hill,Inc
  8. Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan.Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.