skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMA KELAS XI

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi berprestasi siswa kelas XI dan penelitian dilakukan di SMA Don Bosko Semarang. Subjek penelitian berjumlah 97 siswa kelas XI yang didapatkan melalui teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi (30 aitem; α=0,884) dan Skala Pengelolaan Kelas (48 aitem; α=0,94). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi berprestasi (r=0,598 dan p<0,001). Pengelolaan kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 35,8% terhadap motivasi berprestasi siswa.
Fulltext View|Download
Keywords: pengelolaan kelas; motivasi berprestasi; siswa SMA

Article Metrics:

  1. Abuameerh, O. A. & Saudi, M. A. (2012) . The relationship between achievement motivation and academic achievement for secondary school students at salt in Jordan. Dirasat Educational Sciences, 39(1), 313-320
  2. Adeyemo, S. A. (2012). The relationship between effective classroom management and student's academic achievement. European Journal of Educational Studies, 4(3), 367-381
  3. Afriandi, R. A. 2016. Karena masalah pribadi, pelajar SMA di Kota Jambi terlibat tawuran. Diunduh dari http:// jambi.tribunnews.com/2016/08/06/karena-masalah-pribadi-pelajar-sma-di-kota-jambi-terlibat-tawuran
  4. Cruickshank D.R., Jenkins D.B., & Metcalf K.K. (2009). The act of teaching. 5th edition. Boston: McGraw Hill
  5. Dinisari, M. C. (2016). Tiga siswa SMU di Padang membuat pasta gigi dari cangkang langkitang. Diunduh dari http://industri.bisnis.com/read/20160827/84/578886/tiga-siswa-smu-di-padang-membuat-pasta-gigi-dari-cangkang-langkitang
  6. Fajar. 2016. Siswa SMA 2 Bulukamba diduga aniaya gurunya. Diunduh dari http://sulsel.fajar.co.id/2016/10/29/siswa-sma-2-bulukumba-diduga-aniaya-gurunya/
  7. Jones, K. A., Jones, J. L., & Vermetter, P. J. (2013). Exploring the complexity of classroom management: 8 components of managing a highly productive, safe, and respectful urban environment. American Secondary Edition, 41(3), 21-33
  8. Krause, K., Bochner, S., Duchesne, S., & McMaugh, A. (2010). Educational psychology for learning and teaching. 3rd edition. Victoria: Cengage Learning
  9. Ormrod, J. E. (2011). Educational psychology: Developing learners. 7th edition. Boston: Pearson
  10. Prokal. 2016. Astaga!! Lagi-lagi razia SMA di Katingan dapati siswa gunakan zenit. Diunduh dari http://kalteng.prokal.co/read/news/33041-astaga-lagi-lagi-razia-sma-di-katingan-dapati-siswa-gunakan-zenit
  11. Sigit, A. 2016. SD Muhammadiyah Sapen panen prestasi. Diunduh dari http://krjogja.com/web/news/read/6507/SD_Muhammadiyah_Sapen_Panen_Prestasi
  12. Velayutham, S., & Aldridge, J. M. (2013). Influence of psychosocial classroom environment on student's motivation and self regulation in science learning: A structural equation modeling approach. Res Science Education, 43. 507-527
  13. Wong, H., Wong, R. Rogers, K., & Brooks, A. (2012). Managing your classroom for success. Science and Children, 60-64

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.