skip to main content

HUBUNGAN ANTARA PSYCHOLOGICAL CAPITAL DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PETERNAKAN FAKULTAS PETERNAKAN DAN PERTANIAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 16 Jan 2017.

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara psychological capital dengan intensi berwirausaha pada Mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.
Subjek penelitian adalah 141 mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data
menggunakan Skala Intensi Berwirausaha (28 aitem, α = .877) dan Skala Psychological Capital (19 aitem, α = .874). Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan angka koefisien korelasi sebesar r = .565 dengan nilai p = .000
(p<.001). Tingkat signifikansi sebesar p = .00 menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif sigmifikan antara psychological capaital dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro. Psychological Capital memberikan sumbangan efektif terhadap Intensi Berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro sebesar 31.9% dan sisanya 68.1 % dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Fulltext View|Download
Keywords: psychological capital; intensi berwirausaha; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Ajzen, I.(2005). Attitudes, personality, and behavior second edition. New York: Open University Press
  2. Astamoen, M. P. (2005). Enterpreneurship dalam perspesktif bangsa indonesia. Bandung: Alfabeta
  3. Luthans, F. Youssef, M. & Avolio, Bruce J. (2007). Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge. New York: Oxford University Press
  4. Gelard, P., & Saleh, K.E. (2011) Impact of some contextual factors on entrepreneurial intention of university students. African Journal of Business Management. Vol. 5(26), pp. 10707-10717
  5. Ghani, M., Ziae, B., & Mobaraki, M.H. (2013). A comparative study of student’s psychological capital who have entrepreneurial education and have not entrepreneurial education case (Tehran University Faculty Of Entrepreneurship And Mechanics). BEST: International Journal of Management, Information Technology and Engineering (BEST: IJMITE),
  6. (1), 43-50
  7. Hendri, M.I., Rochayati, I., & Fahmi, M. (2015). Desain pengembangan aktivitas kemahasiswaan dengan pendekatan psychological capital dalam meningkatkan minat dan kemampuan berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAN. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 4(2), 211-227
  8. Hendro, M, M. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan bagi Mahasiswa untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga
  9. Hisrich, R, D., Peters, M, P., & Sheperd, D, A., (2008), Enterpreneurship Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat
  10. Kusuma, A., M.W &Warmika, I.G. K. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 FEB UNUD. Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 678-705
  11. Mohammad. Y. (2015). Data BPS: Pengangguran di Indonesia 7,56 juta orang. https://beritagar.id/artikel/berita/data-bps-pengangguran-di-indonesia-756-juta-orang. Diakses pada 15 Desember 2016
  12. Mudjiarto, & Wahid, A. (2006). Membangun karakter dan kepribadian kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
  13. Nadliroh, R.L. (2015). Hubungan modal psikologis dengan intensi kewirausahaan pada mahasiswa. Skripsi. Surabaya. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
  14. Segal, Gerry, Burgra & Jerry, S. (2005). The Motivation to become an entrepreneur, International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research. 11(1),42-53. http://emeralinsight.com/casestudies.htm/casestudies.htm?article=1464557&show=html (diakses tanggal 2 Juni 2016)
  15. Sukamto D. (2012). Hubungan psychological capital dengan entrepreneur intention SMK YPM 3 Sepanjang Taman Sidoarjo. Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya
  16. Suryana. (2013). Kewirausahaan, pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat
  17. Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9 No.2 (117-127)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.