HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN EFIKASI DIRI WIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

David Hasiholan Sinaga, Erin Ratna Kustanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri wirausaha pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Dukungan sosial teman sebaya adalah bentuk perhatian, kenyamanan, penghargaan dan bantuan yang diberikan oleh teman sebaya untuk dapat membantu keluar dari permasalahannya, mencapai tujuan dan perubahan pribadi. Efikasi diri wirausaha adalah keyakinan diri seseorang untuk melakukan aktivitas bisnis dengan mengubah barang menjadi suatu produk yang bernilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan pribadi. Populasi penelitian sebanyak 575 mahasiswa FISIP UNDIP. Uji coba diberikan kepada 135 mahasiswa FISIP UNDIP dan penelitian dilakukan kepada 141 mahasiswa FISIP UNDIP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala efikasi diri wirausaha (31 aitem, α= .908) dan skala dukungan sosial teman sebaya (36 aitem, α= .896). Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi sederhana (anareg). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri wirausaha rxy= .466 dengan p= .000 (p< .001). Dukungan sosial teman sebaya memberikan sumbangan efektif sebesar 21.7% terhadap efikasi diri wirausaha.

Keywords


efikasi diri wirausaha; dukungan sosial teman sebaya; mahasiswa FISIP UNDIP

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats