skip to main content

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KREATIVITAS NON APTITUDE PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI TARI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdaan emosional dengan kreativitas non aptitude pada mahasiswa pendidikan seni tari Universitas Negeri Semarang. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kreativitas non aptitude pada mahasiswa pendidikan seni tari Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian ini adalah 90 mahasiswa pendidikan seni tari tingkat akhir yang berada pada semester lima dan tujuh yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala Kecerdasan Emosional (37 aitem, α = 0,894) dan skala Kreativitas Non Aptitude (26 aitem, α = 0, 893). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi rxy = 0, 486 dengan p=0,000 (p<0,001). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan kreativitas non aptitude pada mahasiswa pendidikan seni tari. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi kreativitas non aptitude semakin tinggi. Sumbangan efektif variabel kecerdasan emosional pada penelitian ini sebesar 23,6% sedangkan 76,4% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.
Fulltext View|Download
Keywords: kreativitas non aptitude; kecerdasan emosional; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Delorenzo, L. C. (2015). Giving voice to democracy in music education diversity and social justice. New York: Routledge Studies in Music Education
  2. Druskat, V.U., Mount, G.&Sala, F. (2006).Linking emotional intelligence & performance at work. London: Lawrence Erlbaum Asscosiates, Inc
  3. Goleman, D. (2002). Kecerdasan emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Komalasari, O. (2012). Hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar seni budaya. Skripsi. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
  5. Munandar, S. C. U. (2002). Kreativitas dan keberbakatan: strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat – Cet.2. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  6. Prastini, D. T. (2015). Hubungan bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa kompetensi keahlian seni tari SMKN 1 Kasihan Bantul. Skripsi. Program Sarjana Jurusan Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Yogyakarta
  7. Putri, F. I. (2010). Hubungan anatara kecerdasan emosi dengan kreativitas pada musisi band di taman budaya sumatera utara. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Medan
  8. Rather, A. R. (2004). Creativity its recognition and development. New Delhi: Prabhat Kumar Sharma
  9. Salovey, P., Brackett, M. A.& Mayer, J. D. (2007).Emotional intelligence: key readings on the mayer and salovey model. New York: Dude Publishing
  10. Sternberg, R. J. (2012). The assessment of creativity: An investment-based approach. Journal Creativity Research, 24(1), 3-12. doi: 10.1080
  11. Winarsunu, T. (2010). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan, cetakan kelima. Malang: UMM Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.