slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
HUBUNGAN ANTARA INTENSI BERMEDIA SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG | Destiana | Jurnal EMPATI skip to main content

HUBUNGAN ANTARA INTENSI BERMEDIA SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 30 Apr 2016.

Citation Format:
Abstract
Prokrastinasi merupakan salah satu konstruk psikologi yang membahas perilaku menunda untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas (dalam hal ini adalah skripsi). Mengerjakan aktivitas lain yang lebih menyenangkan, misalnya bermedia sosial dimungkinkan dapat mempengaruhi perilaku prokrastinasi skripsi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensi bermedia sosial dengan prokrastinasi skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 132 mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi selama minimal dua semester. Jumlah sampel penelitian sebanyak 101 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan dua buah skala psikologi, yaitu skala prokrastinasi skripsi (34 aitem valid, α = 0,943) dan skala intensi bermedia sosial (27 aitem valid, α = 0,905). Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman Brown, menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,134 dengan signifikansi sebesar 0,182 (p > 0,05) yang dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara intensi bermedia sosial dengan prokrastinasi skripsi atau hipotesis ditolak.
Fulltext View|Download
Keywords: intensi bermedia sosial; prokrastinasi skripsi; mahasiswa

Article Metrics:

  1. Fuady,A.E. (2009). Kepribadian tahan banting. Diakses dariAjzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior. New York: Open University Press
  2. Braun, H. I., Jackson, D. N.& Wiley, D. E. (2002).The role of constructs in psychological and educational measurement (Eds).New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates
  3. Burka, J. B.& Yuen, L. M. (2008).Procrastination: Why do it, what to do about it Now. USA: Da Capo Press. http://almustamany.co.id/2009/02/kepribadian-tahan-banting.html
  4. Eerde, V. W. (2000). Procrastination: Self-regulation in initiating aversive goals. International Association for Applied Psychology, 49
  5. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. (2010). Buku Informasi Akademik. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
  6. Ferrari, J. R., Johnson, J. L.& McCown, W. G. (1995).Procrastination and voidance: Theory, reaserch, and treatment. New York: Plenum Press
  7. Kumorotomo, W. (2010).Menilai situs jejaring sosial secara adil.Karya Tulis. Magister Administrasi Publik: UGM
  8. Rouis, S., Limayem, M.& Sangari, E. S. (2011). Impact of facebook usage on student’s academic achievement: Roles of self-regulation and trust. Journal of Research in Educational Psychology, 9
  9. Sandra, K. I.& Djalali, M. A. (2013).Manajemen waktu, efikasi-diri, dan prokrastinasi.Jurnal Psikologi Indonesia, 2
  10. Sugiyono.(2013). Statistika untuk penelitian.Bandung: Alfabeta
  11. Tantan, Z. M. (2012).Analisis prokrastinasi tugas akhir/skripsi.Skripsi. Jakarta: Fakultas Teknik, Matematika & IPA
  12. Treacy, D. (1992). Successful time management in a week (terjemahan). Inggris: Hodder & Stoughton
  13. Wang, Q., Chen, W.& Liang, Y. (2011).The effects of social media on college students. 2011.MBA Student Scolarships Paper, 5

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.