EFISIENSI PRODUKSI PETERNAKAN AYAM PEDAGING RISKI JAYA ABADI KEBUMEN DITINJAU DARI EFISIENSI MANAJEMEN,TEKNIS DAN EKONOMIS (Production Efficiency of Riski Jaya Abadi Broiler Farm at Kebumen Regency Sighted from Management Efficiency, Technical Efficiency,

Denny Praditia, Warsono Sarengat, Migie Handayani

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk mengukur tingkat efisiensi ekonomis dan efisiensi teknis dari Peternakan Riski Jaya Abadi, faktor yang menentukan dan memberikan solusi agar tercapai efisiensi yang maksimal.  Penelitian dilakukan pada bulan Juli – bulan Agustus di Peternakan Riski jaya Abadi dengan metode observasi dan studi kasus. Data yang didapatkan adalah data recording peternakan 30 periode pemeliharaan yang akan dianalisis dengan analisis frontier untuk menentukan nilai efisiensi. Hasil penelitian adalah Peternakan Ayam Pedaging Riski Jaya Abadi sudah cukup efisien dalam mengelola usahanya. Faktor yang menentukan tingkat efisiensi adalah biaya produksi, kualitas dan kuantitas dari setiap faktor produksi serta manajemen yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Saran yang dapat diberikan adalah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dari peternak dalam mengelola setiap faktor produksi agar tercapai hasil yang diharapkan.

 

Kata kunci :  efisiensi teknis; efisiensi manajemen; kualitas dan kuantitas faktor produksi

 

ABSTRACT

 

Research aims to measure maximallyeconomic efficiency and technical efficiency of Riski Jaya Abadi Broiler Farm, prescriptive factor and gives that solution is attained efficiency which maximal.  Research is done in July – August 2014 at Riski's Riski Jaya Abadi Broiler Farm with observation method. Data that is gotten is recording's data ranch 30 preserve period and willbe analyzed with frontier to determine efficiency point. Result of this research is  Riski Jaya Abadi Broiler Farm was enough efficient in their managerial. Factor to determine efficiency level is production cost, quality and amount of each production and management factor to get expected result.

 

Keyword : technical efficiency; management efficiency; quality and production factor amount     


Keywords


efisiensi teknis; efisiensi manajemen; kualitas dan kuantitas faktor produksi

Full Text:

Full Text PDF



Lisensi Creative Commons
AAJ diterbitkan oleh Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/aaj



is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats