TOTAL BAKTERI DAN PH SUSU SEGAR SAPI PERAH FRIESIAN HOLSTEIN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH DAN PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL MULYOREJO TENGARAN-SEMARANG (Total Bakteria and pH in Milk by Friesian Holstein Cows Milk atPelaksana Teknis Daerah dan Pembibitan Te

Ridha Pramesthi, Teguh Hari Suprayogi, Sudjatmogo Sudjatmogo

Abstract


ABSTRAK

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas susu dengan cara menghitung total bakteri dan mengukur pH susu segar sapi perah FH yang berada di Peternakan (UPTD-PTU) Mulyorejo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2014 di UPTD-PTU Mulyorejo, Tengaran-Semarang. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel susu dari 6 ekor sapi perah laktasi yang berada pada lingkungan kandang yang sama dengan rataan bobot badan 398,9 kg dan produksi susu 8,5 l. Parameter yang diamati adalah total bakteri dan pH susu segar sapi perah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata total bakteri dan pH susu masing – masing adalah 3,15 x 106 CFU/ml dan 5,6. Simpulan penelitian ini bahwa total bakteri dan pH susu di UPTD – PTU Mulyorejo, Tengaran-Semarang masih di atas rata – rata standar total bakteri dan pH susu yang ditetapkan dan perlu dilakukan dipping (celup puting) untuk menekan total bakteri dan meningkatkan pH susu.

 

Kata Kunci : Total Bakteri; pH; Susu; Sapi Friesian Holstein.

 

ABTRACT

 

            The study aimed to evaluate quality by counting total bacteria and pH of fresh milk from Friesian Holstein Cows in UPTD-PTU Mulyorejo, Tengaran-Semarang. The experiment was conducted from September - October 2014 at UPTD Mulyorejo, Tengaran-Semarang. The research was doneby taking milk sample from 6 cows in same stall with average of body weight of 398,9 kg and milk production 8,5 l. The parameters measured were total bacteria and pH of milk. The results showed that average total bacteria and pH of milk were 3,15 x 106 CFU/ml and 5,6. The results could be concluded that total bacteria and pH of milk in UPTD were out of standard that were required and needed a treatment for reduce total bacteria and rise pH of fresh milk.

 

Keyword : Total Bacteria; pH; Milk; Friesian Holstein Dairy Cow.

Keywords


Total Bakteri; pH; Susu; Sapi Friesian Holstein.

Full Text:

Full Text PDF



Lisensi Creative Commons
AAJ diterbitkan oleh Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro

http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/aaj



is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats