skip to main content

PERANGKAT LUNAK PENGENDALI POINTER MENGGUNAKAN PELACAKAN MATA (EYE TRACKING) DENGAN ALGORITMA LUCAS KANADE

*Yuli Syarif  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
R. Rizal Isnanto  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
Kodrat Iman Satoto  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

Sistem pelacakan objek pada citra bergerak saat ini telah banyak diterapkan dan digunakan untuk berbagai tujuan khusus. Salah satu algoritma yang digunakan untuk melakukan pelacakan adalah algoritma Lucas-Kanade. Algoritma pelacakan Lucas-Kanade ini diusulkan pada tahun 1981 oleh Bruce D. Lucas dan Takeo Kanade. Algoritma ini mengasumsikan bahwa titik yang dilacak dan titik-titik tetangga dari titik yang dilacak tersebut memiliki nilai intensitas yang sama dari frame ke frame, serta perpindahan posisi titik yang dilacak dari frame ke frame adalah kecil. penelitian ini dibuat untuk melakukan penelitian pada salah satu metode pelacakan yaitu algoritma Lucas-Kanade. Penelitian yang dilakukan adalah membuat perancangan dan implementasi algoritma Lucas-Kanade yang digunakan untuk melakukan pelacakan fitur pada mata, pengendali posisi pointer berdasarkan posisi fitur mata dan pengendali fungsi klik menggunakan kedipan mata. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini adalah mengukur besar kecepatan gerak pointer, keberhasilan melakukan klik dan keakuratan sistem. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil untuk rata–rata waktu pada skala gerak tinggi sebesar 5,9 detik, pada skala gerak normal sebesar 7,9 detik dan pada skala gerak rendah sebesar 9,7 detik, untuk tingkat keberhasilan pada webcam 16 MP sebesar 87,8% sedangkan pada webcam 0,3 MP sebesar 78,9% dan untuk presentase tingkat keberhasilan pada skala gerak tinggi sebesar 77,7% dengan rata–rata waktu sebesar 7,5 detik, presentase tingkat keberhasilan pada skala gerak normal sebesar 86,7% dengan rata–rata waktu sebesar 5,9 detik dan presentase tingkat keberhasilan pada skala gerak rendah sebesar 90% dengan rata–rata waktu sebesar 8,2 detik.

 

Kata Kunci : Lucas-Kanade, pelacakan mata, pointer, Viola-Jones, webcam

 

 

Abstract

 

System tracking moving objects in the image has been widely implemented and used for various special purposes. One algorithm is used to triangulate the Lucas-Kanade algorithm. Lucas-Kanade tracking algorithm was proposed in 1981 by Bruce D. Lucas and Takeo Kanade. This algorithm assumes that the tracked point and neighboring points of the tracked points have the same intensity values from frame to frame, and the position shift points tracked from frame to frame is small. The final assignment is made to do some research on one method of tracking the Lucas-Kanade algorithm. Research is to make the design and implementation of the Lucas-Kanade algorithm is used to perform the tracking feature on the eyes, controlling the pointer position by eye feature position and controlling click functions using eye blink. Tests were conducted In this final project is to measure the velocity of the pointer, clicking the success and accuracy of the system. Based on the research results for the average time on the high scale motion was 5.9 seconds, normal scale motion was 7.9 seconds and low scale motion was 9.7 seconds, success rate at 16 MP  webcam was 87.8% while at 0.3 MP webcam was 78.9% and success rate on high scale motion was 77.7% with the average time 7.5 seconds, success rate on normal scale motion was 86.7% with average time 5.9 seconds success rate on a low scale motion was 90% with average time 8.2 seconds.

 

Keywords: Lucas-Kanade, pelacakan mata, pointer, Viola-Jones, webcam
Fulltext View|Download
Keywords: (Lucas-Kanade, pelacakan mata, pointer, Viola-Jones, webcam; Lucas-Kanade, pelacakan mata, pointer, Viola-Jones, webcam)

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.