skip to main content

IMPLEMENTASI AUTOMATED UNIT DAN INTEGRATION TESTING PADA PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK (STUDI KASUS APLIKASI PENJUALAN BUKU ONLINE)

*Agung Setiawan  -  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia
Kodrat Iman Satoto  -  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia
R. Rizal Isnanto  -  Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro,, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

Pertumbuhan bisnis yang semakin pesat pada saat ini selalu diimbangi dengan peningkatan kebutuhan terhadap suatu aplikasi bisnis yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Untuk mendukung kegiatan bisnis tersebut suatu aplikasi harus dalam keadaan siap yaitu setelah melalui beberapa tahap pengujian. Sebagian besar pengembang yang masih awam, menggunakan cara pengujian tradisional yaitu mencoba satu persatu menu yang ada pada aplikasi ketika aplikasi yang dikembangkan tersebut sudah jadi.  Cara seperti ini tidak bisa dilakukan secara berulang-ulang dengan mudah dan juga tidak bisa menguji logika pada method dari suatu kelas. Dalam penelitian ini diberikan solusi dalam melakukan pengujian perangkat lunak pada sebuah sistem e-commerce. Sistem e-commerce yang dimaksud dibangun dengan bahasa pemrograman Java EE menggunakan framework Spring. Framework JUnit akan menangani pengujian kode-kode program dengan menggunakan metode pengujian unit serta pengujian integrasi.  Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan, pertama, dengan menggunakan pengujian automatis sebuah kasus pengujian bisa dieksekusi secara cepat dan berulang-ulang. Kedua, supaya bisa dilakukan pengujian unit, suatu kelas harus menerapkan dependency injection, teknik ini digunakan untuk memasukkan sebuah objek palsu untuk simulasi. Ketiga, berbeda dengan pengujian unit yang bersifat independen, pengujian integrasi menguji integrasi layer data access dengan basisdata.  

 

Kata Kunci : pengujian automatis, pengujian unit, pengujian integrasi,  JUnit

 

 

Abstract

 

The rapid growth of the business at the moment is always offset by an increase in the need for a business application that is used to facilitate the work. To support the business activities, an application must be in the ready state after going through several stages of testing. Most of the developers who still lay, using traditional testing method that is try the application menu one by one  when the application is completely constructed. This method can not be done repeatedly with ease and also can not test the logic of the method of a class. In this research is given solution in testing software with example of e-commerce system. E-commerce system is constructed using Java EE programming language and Spring framework. JUnit framewokr will handle source code testing using unit testing and integration testing.  Based on the result of this study can be concluded, firstly, by using an automated testing a test case can be executed quickly and repeatedly. Secondly, in order to do unit testing, a class must implement dependency injection, this technique is used to insert a fake object for simulation. Thirdly, in contrast to unit testing that run independently, integration testing is used to test the integration between data access layer and database.

 

Keyword: automated testing, unit testing, integration testing, JUnit.
Fulltext View|Download
Keywords: pengujian automatis, pengujian unit, pengujian integrasi, JUnit;automated testing, unit testing, integration testing, JUnit.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.