skip to main content

PROTOTIPE SISTEM MONITOR DAN KONTROL BERBASIS JAVA UNTUK PENGEMBANGAN SCADA PADA FASILITAS PENDUKUNG DI PT. INDONESIA POWER UBP SEMARANG

1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, , Indonesia

2Jl. Prof. Sudharto, SH. Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia

Editor(s): Aris Triwiyatno

Citation Format:
Abstract

Abstrak

 

Untuk dapat memberikan kemudahan dalam kegiatan kontrol dan monitor, maka dikembangkan  sistem yang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kontrol dan memonitor fasilitas pendukung. Prototipe sistem yang akan dikembangkan diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan Sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition), sehingga sistem tersebut dapat digunakan untuk mengawasi, melakukan kontrol dan memonitor semua fasilitas pendukung pada industri pembangkit listrik. Prototipe sistem yang dikembangkan, membutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki kemudahan dan fleksibilitas dalam pengembangannya karena sistem SCADA merupakan sebuah investasi jangka panjang yang penting yang dimiliki oleh perusahaan.  Dengan kemampuan Java yang dapat mengelola protokol-protokol yang digunakan dalam pengembangan Sistem SCADA, sehingga akan mempermudah dalam implementasi dan pengembangannya untuk jangka panjang. Prototipe Sistem berbasis Java untuk Pengembangan Sistem SCADA, akan diimplementasikan pada fasilitas pendukung di PT. Indonesia Power UBP Semarang. Dengan menggunakan sebuah sistem untuk melakukan kontrol dan monitor berbasis java, maka data-data di lapangan akan termonitor secara periodik dan mudah didapatkan secara lengkap dan akurat. Dengan kemampuan dalam mengontrol peralatan yang digunakan untuk mengelola fasilitas pendukung secara remote, maka sistem ini akan sangat baik untuk pengembangan dan investasi jangka panjang sebuah perusahaan.

 

Kata kunci : SCADA, Java

 

 

Abstract

 

To be able to easily control and monitor activities, then developed a system that can provide ease of control and  monitoring the support facilities. The prototype system will be developed which is expected to be used for the development of SCADA system (Supervisory Control And Data Acquisition), so that the system can be used to monitor, to control and monitor all support facilities in the power generation industry. The prototype system is developed, require a programming language that has the ease and flexibility in development for SCADA systems is an important long-term investments held by the company. With the Java ability to manage protocols used in SCADA systems development, that will facilitate the implementation and development for the long term. Java-based prototype system for SCADA Systems Development, will be implemented to support facilities at PT. Indonesia Power UBP Semarang. By using a Java-based system to control and monitor, then the data in the field will be monitored periodically and easy to obtain complete and accurate. With the ability to control equipment remotely, used to manage  support facilities, accordingly this system will be very good for the development and long-term investments of a company.       

 

Key words : SCADA, Java
Fulltext View|Download
Keywords: (SCADA, Java)

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.