1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang, Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient3013, author = {Dela Nurlaila and R. Isnanto and Maman Somantri}, title = {APLIKASI PERMAINAN BADMAN ESCAPE MENGGUNAKAN J2ME}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {2}, number = {2}, year = {2013}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Telepon genggam bukan lagi menjadi barang mewah bagi masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, telepon genggam tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Melalui telepon genggam, seseorang dapat menikmati berbagai macam hiburan, seperti aplikasi pemutar musik, internet, dan permainan. Permainan berbasis java, khususnya J2ME merupakan salah satu media hiburan yang murah dan menarik karena dapat berjalan di banyak platform. Untuk itu, permainan bertema arcade dengan nama BadMan Escape dibuat. Dengan konsep sederhana, BadMan akan berlari dari kejaran Polisi dengan menghindari rintangan yang ada. Permainan ini dibuat dalam dua level dengan menerapkan bahasa J2ME dan ditujukan untuk telepon genggam dengan ukuran layar 360 x 640 piksel dan tombol slide qwert y. Dengan tampilan permainan secara landscape , BadMan Escape ini dimainkan dengan menggunakan tombol keypad qwerty , sedangkan fungsi layar sentuhnya hanya untuk layanan tambahan saja. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi permainan ini dapat berjalan dan sesuai dengan yang direncanakan. Sebuah emulator Nokia SDK S60 5 th Edition diperlukan untuk menguji permainan ini melalui perangkat komputer. Kata kunci : Permainan, J2ME, Slide-qwerty keypad , Emulator Abstract Mobile phones are no longer a luxury item for the community. With the development of technology, mobile phones are not only used as a communication tool. Through mobile phones, one can enjoy a variety of entertainment, such as music player application, internet and games. Java based games, specifically J2ME is one of the entertainment media that are cheap and interesting because it can run on many platforms. Therefore, an arcade game, called BadMan Escape is made. The game is made with a simple concept, where the Police will have to chase BadMan, and BadMan should avoid any obstacles for his freedom. The game is made only for two levels by applying J2ME language and it is intended for mobile phones which have minimal specifications like pixels in screen size and a slide qwerty keypad. The game is build in landscape view and is played using the qwerty keypad, while its touch screen fuction is only for additional service. Based on the results of testing that has been done can be concluded that this game application can run as planned. An emulator of Nokia SDK S60 5th Edition is needed to test this game through the computer. Keywords: Game, J2ME, Slide-qwerty keypad, Emulator. }, issn = {2685-0206}, pages = {275--282} doi = {10.14710/transient.v2i2.275-282}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/3013} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Telepon genggam bukan lagi menjadi barang mewah bagi masyarakat. Dengan semakin berkembangnya teknologi, telepon genggam tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Melalui telepon genggam, seseorang dapat menikmati berbagai macam hiburan, seperti aplikasi pemutar musik, internet, dan permainan. Permainan berbasis java, khususnya J2ME merupakan salah satu media hiburan yang murah dan menarik karena dapat berjalan di banyak platform. Untuk itu, permainan bertema arcade dengan nama BadMan Escape dibuat. Dengan konsep sederhana, BadMan akan berlari dari kejaran Polisi dengan menghindari rintangan yang ada. Permainan ini dibuat dalam dua level dengan menerapkan bahasa J2ME dan ditujukan untuk telepon genggam dengan ukuran layar 360 x 640 piksel dan tombol slide qwerty. Dengan tampilan permainan secara landscape, BadMan Escape ini dimainkan dengan menggunakan tombol keypad qwerty, sedangkan fungsi layar sentuhnya hanya untuk layanan tambahan saja. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi permainan ini dapat berjalan dan sesuai dengan yang direncanakan. Sebuah emulator Nokia SDK S60 5th Edition diperlukan untuk menguji permainan ini melalui perangkat komputer.
Kata kunci : Permainan, J2ME, Slide-qwerty keypad, Emulator
Abstract
Mobile phones are no longer a luxury item for the community. With the development of technology, mobile phones are not only used as a communication tool. Through mobile phones, one can enjoy a variety of entertainment, such as music player application, internet and games. Java based games, specifically J2ME is one of the entertainment media that are cheap and interesting because it can run on many platforms. Therefore, an arcade game, called BadMan Escape is made. The game is made with a simple concept, where the Police will have to chase BadMan, and BadMan should avoid any obstacles for his freedom. The game is made only for two levels by applying J2ME language and it is intended for mobile phones which have minimal specifications like pixels in screen size and a slide qwerty keypad. The game is build in landscape view and is played using the qwerty keypad, while its touch screen fuction is only for additional service. Based on the results of testing that has been done can be concluded that this game application can run as planned. An emulator of Nokia SDK S60 5th Edition is needed to test this game through the computer.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id