Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient28466, author = {Sidiq Perkasa and Tejo Sukmadi and Denis Ginting}, title = {ANALISA PERBANDINGAN DAYA DAN TORSI PADA PERANCANGAN PURWARUPA MOBIL LISTRIK}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {9}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {Mobil Listrik, Motor Induksi, Daya, Torsi}, abstract = { Konsep mobil listrik bukanlah hal baru. Perkembangan dunia otomotif menyebabkan peningkatan kebutuhan akan bahan bakar minyak. sedangkan energi fosil di dunia ini semakin lama semakin berkurang, karena energi fosil tidak bisa diperbarui. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk menekan pengunaan energi fosil yaitu, dengan cara memanfaatkan energi listrik sebagai sumber energi pada mobil. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun purwarupa mobil listrik menggunakan motor motor induksi tiga fasa dengan kapasitas 2200 watt sebagai motor penggeraknya. Kemudian untuk memaksimalkan energi listrik dibuat perancangan sistem mekanik yang bertujuan untuk membuat desain mobil listrik. Untuk mengetahui seberapa besar daya listrik dan torsi yang dihasilkan, maka perlu adanya analisa perhitungan daya dan torsi tanpa beban ketika berkerja secara teoritis. Dari percobaan ini, juga dapat diketahui terdapat adanya hubungan antara torsi dan daya, ketika daya motor naik maka torsi akan akan turun. Hal ini disebabkan, karena kecepatan motor induksi naik sehingga torsi akan turun. }, issn = {2685-0206}, pages = {636--643} doi = {10.14710/transient.v9i4.%p}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/28466} }
Refworks Citation Data :
Konsep mobil listrik bukanlah hal baru. Perkembangan dunia otomotif menyebabkan peningkatan kebutuhan akan bahan bakar minyak. sedangkan energi fosil di dunia ini semakin lama semakin berkurang, karena energi fosil tidak bisa diperbarui. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk menekan pengunaan energi fosil yaitu, dengan cara memanfaatkan energi listrik sebagai sumber energi pada mobil. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun purwarupa mobil listrik menggunakan motor motor induksi tiga fasa dengan kapasitas 2200 watt sebagai motor penggeraknya. Kemudian untuk memaksimalkan energi listrik dibuat perancangan sistem mekanik yang bertujuan untuk membuat desain mobil listrik. Untuk mengetahui seberapa besar daya listrik dan torsi yang dihasilkan, maka perlu adanya analisa perhitungan daya dan torsi tanpa beban ketika berkerja secara teoritis. Dari percobaan ini, juga dapat diketahui terdapat adanya hubungan antara torsi dan daya, ketika daya motor naik maka torsi akan akan turun. Hal ini disebabkan, karena kecepatan motor induksi naik sehingga torsi akan turun.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id