Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponogoro, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient28439, author = {Kristianti Palupi and Tejo Sukmadi and Denis .Denis}, title = {PERANCANGAN SISTEM KONTROL KECEPATAN PADA MOBIL LISTRIK DENGAN PENGGERAK MOTOR INDUKSI TIGA FASA}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {9}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {VFD, Mobil Listrik, sensor efek hall}, abstract = { VFD ( Variable Frequence Drive ) dapat melakukan pengontrolan pada motor mulai dari motor dinyalakan sampai dengan motor dimatikan merupakan kelebihan yang tidak dimiliki metode starting motor lainya. Sehingga pengguna dapat mengatur kendali motor melalui VSD mulai dari mengatur putaran motor, pengaturan putaran balik motor, dan lain-lain. Pada penelitian ini digunkan VFD tipe TOSVERT VF-S15-2015PM-W sebagai pengontrol kecepatan motor induksi tiga fasa pada sistem penggerak purwarupa mobil listrik. Sistem yang dibuat juga dilengkapi dengan sensor kecepatan untuk memonitoring kecepatan mobil. Sensor yang diguakan adalah sensor dengan tipe KY 003 yang menggunakan prinsip kerja efek hall. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada motor induksi tiga fasa didapatkan hasil bahwa kecepatan, tegangan, daya motor induksi tiga fasa berbanding lurus dengan frekuensi operasi yang diatur pada VFD. }, issn = {2685-0206}, pages = {627--635} doi = {10.14710/transient.v9i4.627-635}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/28439} }
Refworks Citation Data :
VFD (Variable Frequence Drive) dapat melakukan pengontrolan pada motor mulai dari motor dinyalakan sampai dengan motor dimatikan merupakan kelebihan yang tidak dimiliki metode starting motor lainya. Sehingga pengguna dapat mengatur kendali motor melalui VSD mulai dari mengatur putaran motor, pengaturan putaran balik motor, dan lain-lain. Pada penelitian ini digunkan VFD tipe TOSVERT VF-S15-2015PM-W sebagai pengontrol kecepatan motor induksi tiga fasa pada sistem penggerak purwarupa mobil listrik. Sistem yang dibuat juga dilengkapi dengan sensor kecepatan untuk memonitoring kecepatan mobil. Sensor yang diguakan adalah sensor dengan tipe KY 003 yang menggunakan prinsip kerja efek hall. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada motor induksi tiga fasa didapatkan hasil bahwa kecepatan, tegangan, daya motor induksi tiga fasa berbanding lurus dengan frekuensi operasi yang diatur pada VFD.
Note: This article has supplementary file(s).
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id