skip to main content

ANALISIS PENAMBAHAN SILICONE RUBBER PADA BAHAN RESIN EPOKSI TERHADAP PARAMETER LISTRIK, MEKANIK DAN FISIK UNTUK BAHAN ISOLATOR

*Putri Nur Aisyah  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Abdul Syakur  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hermawan Hermawan  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2020 TRANSIENT under http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0.

Citation Format:
Abstract

Isolator memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem tenaga listrik. Isolator berfungsi untuk memisahkan secara elektris dua buah atau lebih penghantar listrik bertegangan yang berdekatan dan mencegah terjadinya aliran arus dari kawat penghantar ke bagian bodi menara atau tiang. Berbagai jenis isolator telah dikembangkan. Salah satunya isolator berbahan resin epoksi. Beberapa penelitian menunjukan bahwa isolator jenis ini lebih unggul dibandingkan dengan bahan jenis keramik dan kaca.

Pada penelitian ini dilakukan penambahan silicone rubber pada bahan resin epoksi yang kemudian dianalisis nilai parameter listrik, mekanik dan fisiknya untuk digunakan sebagai bahan isolator. Material uji yang digunakan dalam tugas akhir adalah resin epoksi yang dibentuk dari bisphenol A - epichlorohydrin (DGEBA) dan polyaminoamide yang dicampur dengan silane (silicone rubber). Dimana masing-masing tingkat variasi komposisi penambahan silicone rubber dengan persentase 20%, 25%, 30%, 35% dan 40%. Parameter yang dianalisis adalah pengujian sudut kontak sebagai parameter fisik, nilai arus bocor rata-rata dan dan flashover sebagai parameter listrik, serta kekuatan tarik dan kekerasan (hardness) sebagai parameter mekanik.

Hasil pengujian nilai sudut kontak pada permukaan bahan pada tiap variasi silicone rubber berkisar 1o-89o dan memiliki sifat partially wetted atau basah sebagian. Hasil pengujian tegangan lewat denyar paling besar adalah variasi penambahan silicone rubber 25% sebesar 17,32 kV.  Hasil pengujian kekuatan tarik pada penilitian ini yaitu berbanding terbalik, dimana semakin banyak bahan silicone rubber maka nilai kekuatan tariknya akan semakin kecil. Sedangkan hasil pengujian kekerasan adalah berbanding lurus dimana semakin banyak silicone rubber maka nilai kekerasannya akan semakin besar.

Fulltext View|Download
Keywords: Isolator, resin epoksi, silicone rubber, sudut kontak, flashover, arus bocor, kekuatan tarik, kekerasan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.