1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
2Jln. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient21568, author = {Joshua Panjaitan and Sudjadi Sudjadi and Enda Sinuraya}, title = {PERANCANGAN PROTOTIPE KONTROLER AIR-TO-FUEL RATIO ELEKTRONIK BERBASIS FUZZY LOGIC UNTUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PADA MESIN SEPEDA MOTOR SISTEM INJEKSI}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {7}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {spark ignition engine, sistem injeksi elektronik, air to fuel ratio, logika Fuzzy, electronic control module}, abstract = {Penggunaan bahan bakar sekecil mungkin tanpa menurunkan performa sepeda motor dapat diperoleh dengan mengontrol angka Air-to-Fuel Ratio (AFR) agar selalu bernilai ideal. Namun pada beberapa keadaan seperti ketika dilakukan pengereman pada sepeda motor yang sedang berjalan dan ketika tuas gas ( throttle ) tidak ditarik ( zero throttle ), sepeda motor tidak membutuhkan tenaga penuh. Kedua keadaan tersebut hanya memerlukan sedikit asupan bahan bakar sehingga nilai AFR bisa diatur ke nilai yang lebih tinggi agar campuran menjadi lebih miskin bahan bakar (lean). Meskipun sudah ada sistem kontrol pada sepeda motor, tetapi sulit untuk dilakukan analisis maupun modifikasi karena sistem tersebut bersifat black box dengan karakteristik nonlinear . Penelitian ini merancang prototipe kontroler AFR elektronik berbasis logika Fuzzy (FLC) untuk menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem injeksi elektronik, dengan masukan berupa sinyal pengereman dan derajat bukaan gas ( throttle opening ) untuk pengaktifan sistem kontrol. Kontroler akan bekerja secara paralel dengan electronic control module (ECM) pabrikan pada sepeda motor dalam mengatur durasi buka injektor. Hasil penelitian membuktikan bahwa prototipe alat mampu mengontrol nilai AFR pada rentang miskin dengan stabil pada pengujian stasioner. Penghematan bahan bakar yang dicapai adalah 33% pada rute jalan mendatar, dan 31,94% pada rute jalan menanjak dan menurun. Rata-rata penghematan total adalah sebesar 32,47%.}, issn = {2685-0206}, doi = {10.14710/transient.v7i2.%p}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/21568} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id