skip to main content

PERANCANGAN PROTOTIPE KONTROLER AIR-TO-FUEL RATIO ELEKTRONIK BERBASIS FUZZY LOGIC UNTUK PENGHEMATAN BAHAN BAKAR PADA MESIN SEPEDA MOTOR SISTEM INJEKSI

1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

2Jln. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia

Editor(s): oky prakoso
Open Access Copyright 2018 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract
Penggunaan bahan bakar sekecil mungkin tanpa menurunkan performa sepeda motor dapat diperoleh dengan mengontrol angka Air-to-Fuel Ratio (AFR) agar selalu bernilai ideal. Namun pada beberapa keadaan seperti ketika dilakukan pengereman pada sepeda motor yang sedang berjalan dan ketika tuas gas (throttle) tidak ditarik (zero throttle), sepeda motor tidak membutuhkan tenaga penuh.  Kedua keadaan tersebut hanya memerlukan sedikit asupan bahan bakar sehingga nilai AFR bisa diatur ke nilai yang lebih tinggi agar campuran menjadi lebih miskin bahan bakar (lean).  Meskipun sudah ada sistem kontrol pada sepeda motor, tetapi sulit untuk dilakukan analisis maupun modifikasi karena sistem tersebut bersifat black box dengan karakteristik nonlinear. Penelitian ini merancang prototipe kontroler AFR elektronik berbasis logika Fuzzy (FLC) untuk menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor sistem injeksi elektronik, dengan masukan berupa sinyal pengereman dan derajat bukaan gas (throttle opening) untuk pengaktifan sistem kontrol. Kontroler akan bekerja secara paralel dengan electronic control module (ECM) pabrikan pada sepeda motor dalam mengatur durasi buka injektor. Hasil penelitian membuktikan bahwa prototipe alat mampu mengontrol nilai AFR pada rentang miskin dengan stabil pada pengujian stasioner. Penghematan bahan bakar yang dicapai adalah 33% pada rute jalan mendatar, dan 31,94% pada rute jalan menanjak dan menurun. Rata-rata penghematan total adalah sebesar 32,47%.
Fulltext View|Download
Keywords: spark ignition engine, sistem injeksi elektronik, air to fuel ratio, logika Fuzzy, electronic control module

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.