skip to main content

TEKNIK MORPHING UNTUK OBJEK CITRA TIGA DIMENSI MENGGUNAKAN METODE INTERPOLASI LINEAR

Taufik Agung Wibowo1, 2, 3, 4 R. Rizal Isnanto1, 2, 3, 4Achmad Hidayatno1, 2, 3, 4

1Jurusan Teknik Elektro , Indonesia

2Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro, Indonesia

3Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang , Indonesia

4 Jawa Tengah 50275, Indonesia

View all affiliations
Editor(s): Aris Triwiyatno

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Salah satu teknik pengolahan citra yang sekarang sedang popular dan banyak digunakan adalah image morphing, yaitu suatu teknik yang digunakan untuk melakukan perubahan bentuk dari suatu objek asal ke objek tujuan. Morphing tiga dimensi pada dasarnya sama dengan morphing pada citra dua dimensi. Hanya pada morphing tiga dimensi permasalahan utamanya adalah menentukan korespondensi titik koordinat penyusun (vertex) antara bentuk objek asal dan bentuk objek tujuan. Dalam Tugas Akhir ini diimplementasikan teknik morphing pada objek tiga dimensi menggunakan algoritma interpolasi linear. Penggambaran objek ke layar menggunakan tampilan 3D dengan menggunakan API OpenGL. Aplikasi yang dibuat ini akan menampilkan proses transisi perubahan dari satu objek ke objek yang lain. Objek 3D yang digunakan merupakan objek yang berupa cincin, bola, silinder, kubus, dan rubik yang didapatkan dari hasil penggambaran dengan Google SketchUp. Variasi tampilan morphing akan dicoba diujikan untuk objek dengan jumlah vertex yang berbeda dan cara korespondensi vertex yang berbeda, yaitu dengan pembagian area objek menjadi dua dan tanpa pembagian area objek. Hasil yang didapat dari pengujian program aplikasi morphing 3D adalah untuk melakukan proses morphing dengan metode interpolasi linear secara baik, jumlah vertex dan face objek asal harus lebih banyak dibandingkan objek tujuan. Pengujian juga memperlihatkan morphing tanpa pembagian objek menghasilkan perubahan bentuk objek yang kurang halus jika dibandingkan dengan proses morphing yang menggunakan pembagian area objek. Perbedaan proses transisi perubahan bentuk objek ini dipengaruhi oleh jumlah vertex objek asal dan objek tujuan, jumlah transisi perubahan, dan cara korespondensi vertex

Kata Kunci: Morphing, korespondensi vertex, interpolasi linear, OpenGL

 

ABSTRACT

One of image processing which now popular and commonly used is image morphing. Image morphing is a techniques to make shape transform from source object to destination object. Three dimensional morphing basically is same with two dimensional morphing. The main issue on three dimensional morphing is to find the vertex correspondence between source object and destination object. In this final project implemented morphing techniques on three dimensional object using liniear interpolation algoritm. Object drawing to the screen using OpenGL API for the 3D graphics. This aplication will show process of shape transform from one object to another object. 3D object which used for this testing is ring, ball, cilinder, cube, and rubic where get from drawing with Google SketchUp. Variation of morphing will be test for object with different amount of vertex and way of correspondence of vertex where also different, there are without dividing object into part and dividing object into two part. The result of testing on 3D morphing aplication is to do morphing process with liniear interpolation method in good way, the ammont of source object’s vertex and face must more than destination object. The testing also show that morphing without dividing object into part produced object shape transform which is less smoothly than morphing process with dividing object into two part. The different of this tansition process of shape transform be influence of amount of source object’s vertex and destination object’s vertex, the amount of transition transform, and the way of vertex correspondence

Keywords: Morphing, vertex correspondence, liniear interpolation, OpenGL

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.