skip to main content

DESAIN KONTROLER PID ADAPTIF PADA MODEL AUTOMATIC-ANTILOCK BRAKING SYSTEM

*Bagus Okto Tetuko Prasetyawan  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Aris Triwiyatno  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Wahyudi Wahyudi  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Open Access Copyright 2017 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract
Banyak kecelakaan yang terjadi berawal dari kesalahan manusia, diantaranya adalah terlambat melakukan pengereman dan kepanikan dalam menekan pedal rem.  Untuk itu perlu adanya sistem yang digunakan untuk pengaman saat melakukan pengereman. Automatic Antilock Braking System adalah sebuah keamanan untuk sistem pengereman pada kendaraan. Sistem ini mengatur rem agar tidak membuat roda terkunci. Jika roda pada kendaraan terkunci maka akan terjadi slip yang diakibatkan karena perbedaan kecepatan roda dan kecepatan kendaraan. Pada penelitian ini dibuat sebuah desain kontroler pada model Automatic Antilock Braking System. Variabel yang dikontrol adalah slip, dan torsi rem sebagai variabel yang dimanipulasi. Kontroler yang didesain adalah kontroler PID Adaptif. Desain kontroler tersebut akan dilihat respon sistemnya dan dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Pada simulasi kondisi jalan aspal kering, PID adaptif Automatic-Antilock Braking System dengan kecepatan 11 m/s, 15 m/s, dan 19 m/s menghasilkan slip  yang lebih mendekati set point dengan masing-masing IAE 0,0328, 0,0332, dan 0,336.
Fulltext View|Download
Keywords: Automatic-Antilock Braking System, Slip, PID Adaptif

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.