skip to main content

APLIKASI MEDIA PEMASARAN PROPERTI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PERANGKAT ANDROID

*Ahmad Arif Faizin  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Maman Somantri  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Yuli Christyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Open Access Copyright 2017 TRANSIENT

Citation Format:
Abstract
Bisnis properti mengalami perkembangan yang pesat setiap tahun, namun media promosi yang digunakan perusahaan masih menggunakan cara yang biasa, seperti menggunakan brosur yang hanya menampilkan gambar 2D saja. Dengan banyaknya kompetitor, konsumen menginginkan sesuatu yang unik dan berbeda untuk mengetahui informasi properti lebih detail dan lebih nyata. Augmented Reality merupakan teknologi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia virtual dalam dunia nyata secara langsung. Oleh karena itu, dirancang sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai profil perusahaan sekaligus menampilkan properti 3D dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada perangkat Android. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity3D untuk membuat Augmented Reality dan Android Studio untuk membuat company profile. Perancangan  aplikasi menggunakan Unified Modelling Language berupa diagram use case, diagram aktivitas, dan diagram kelas. Hasil pengujian menunjukkan setiap fitur dapat berjalan dengan baik. Objek 3D mulai tampil dengan jarak pendeteksian awal dari 20 cm sampai sekitar 105.9 cm. Sedangkan saat pelacakan, objek 3D masih dapat tampil dari jarak sekitar 6.8 cm sampai sekitar 242.2 cm. Berdasarkan sudutnya, objek 3D mulai tampil dengan sudut pendeteksian awal maksimal sekitar 56.2 derajat. Sedangkan saat pelacakan, objek 3D masih dapat tampil sampai sekitar 87.8 derajat.
Fulltext View|Download
Keywords: pemasaran properti, Augmented Reality, Android

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.