skip to main content

PERANCANGAN AIR TO FUEL RATIO (AFR) CLUSTERING BERBASIS ADAPTIVE NEURAL FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) PADA MODEL MOBIL BERMESIN INJEKSI BENSIN BERDASARKAN PROFIL KARAKTERISTIK MENGEMUDI PENGENDARA

*Muhamad Edwin Albab  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Aris Triwiyatno  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
Budi Setiyono  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Setiap pengendara kendaraan mobil mempunyai karakteristik mengemudi yang berbeda-beda. Karakteristik mengemudi tersebut dapat memengaruhi kinerja mesin. Perubahan kinerja mesin tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis pengoperasian agar sesuai dengan kebutuhan pengendara. Air to Fuel Ratio (AFR) clustering dibutuhkan agar kinerja mesin sesuai dengan kebutuhan pengendara. Perancangan AFR clustering berbasis ANFIS dibuat pada model mobil bermesin injeksi bensin yang berdasarkan profil karakteristik mengemudi pengendara. Profil-profil yang digunakan adalah pola kemudi, akselerasi, dan pengereman. Hasil keluaran ANFIS adalah nilai AFR referensi yang terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sporty (12,6), normal (14,67), dan economic (15,4). Perubahan variasi handwheel torque dari low ke mid tidak mempengaruhi AFR referensi. Pengaruh handwheel torque high membuat AFR referensi menjadi normal (14,67) ketika akselerasi kendaraan berada pada himpunan fuzzy AccLow dan AccMid sedangkan AFR referensi menjadi sporty (12,6) ketika akselerasi kendaraan berada pada himpunan fuzzy AccHigh. Pengereman menyebabkan terjadinya deselerasi kendaraan dan AFR referensi menjadi economic dengan nilai AFR 15,4.
Fulltext View|Download
Keywords: AFR, ANFIS, akselerasi, pengereman, handwheel torque

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.