1Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient17024, author = {Aziz Arifyanto and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {PERANCANGAN KONTROLER NEURO-ROBUST FUZZY (NEU-ROF) UNTUK PENGATURAN AIR TO FUEL RATIO (AFR) PADA MODEL MOBIL BERMESIN INJEKSI BENSIN BERDASARKAN PROFIL KARAKTERISTIK MENGEMUDI PENGENDARA}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {6}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {AFR, neuro robust fuzzy, Neu-ROF, karakteristik mengemudi, mesin injeksi bensin, konsumsi bahan bakar}, abstract = {Perkembangan strategi kontrol di bidang otomotif dalam dua dekade terakhir difokuskan pada desain mesin dan strategi kontrol untuk menunjang kebijakan hemat energi dan ramah lingkungan. Pengontrolan air to fuel ratio (AFR) mesin agar mencapai nilai optimal merupakan salah satu cara yang tepat untuk menunjang kebijakan tersebut. Secara umum nilai AFR diatur pada angka 14,67. Karakteristik mengemudi pengendara, yang pada penelitian ini dibagi menjadi 3, yaitu akselerasi, pengereman dan karakter steering yang berbeda pada setiap pengendara memiliki nilai optimal AFR yang berbeda juga. Dalam penelitian ini, penulis mendesain kontroler yang merupakan pengembangan dari robust fuzzy , yakni neuro robust fuzzy (Neu-ROF). Kontroler robust fuzzy terbukti mampu mengatasi permasalahan pada torsi mesin. Sebagai salah satu teknik clustering , neural network ditambahkan dalam teori robust fuzzy untuk mengatur nilai referensi AFR. Penelitian clustering AFR referensi berdasarkan karakter mengemudi pengendara yang telah dilakukan sebelumnya, didapatkan hasil nilai AFR sebesar 12,6 untuk mode sporty , dan 15,4 untuk mode economic. Hasil penelitian didapatkan nilai rata rata integral area error kontroler robust fuzzy sebesar 4,47. Model kendaraan dengan Neu-ROF dapat berakselerasi 0,2 – 0,25 m/s 2 lebih cepat pada saat mode AFR sporty , pada saat mode AFR economic model kendaraan dapat menghemat bensin sebesar 4 – 5%.}, issn = {2685-0206}, pages = {29--36} doi = {10.14710/transient.v6i1.29-36}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/17024} }
Refworks Citation Data :
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id