skip to main content

SIMULASI JARINGAN UNIVERSITAS DIPONEGORO DENGAN MULTIPROTOCOL LABEL SWITCHING (MPLS) MENGGUNAKAN GRAPHICAL NETWORK SIMULATOR (GNS3)

*Novi Kristanti Handayani  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
Adian Fatchur Rochim  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
R. Rizal Isnanto  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Universitas Diponegoro merupakan salah satu lembaga pendidikan besar di Indonesia yang memiliki beberapa kampus yang tersebar. Untuk memudahkan komunikasi dan pertukaran data, maka pada Tugas Akhir ini dianalisis dan dirancang pengembangan dari jaringan yang telah berjalan dengan menggunakan teknologi Multiprotocol Label Switching  (MPLS) dan simulasi menggunakan  Graphical Network Simulator  (GNS3) yang menghubungkan beberapa lokasi kampus untuk meningkatkan kinerja jaringan dengan harapan lembaga universitas  ini mempunyai sistem komunikasi dan pertukaran data yang lebih aman, cepat dan terjamin. MPLS adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. Asas kerjanya menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched  yang melahirkan  teknologi yang lebih baik dari keduanya. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah analisis kebutuhan sistem, perancangan, pembuatan simulasi dan pengujian. Hasil penelitian adalah suatu permodelan MPLS dengan menggunakan GNS3. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan cara membandingkan data waktu tunda antara simulasi jaringan eksisting dengan rancangan jaringan MPLS yang baru yang memberikan bukt i bahwa kinerja jaringan meningkat dilihat dari waktu tunda yang menurun. Pengujian pada hasil penelitian menggunakan tiga metode yaitu ping, traceroute dan menggunakan perangkat lunak Wireshark. Ping bertujuan membuktikan koneksi antar perangkat dalam jaringan.  Traceroute  bertujuan menunjukkan rute paket dalam jaringan.  Wireshark  digunakan untuk membuktikan keberadaan paket MPLS yang  melewati suatu kabel pada jaringan. Kesimpulan yang diperoleh adalah  label switching  dengan MPLS dapat meningkatkan kinerja jaringan  Selain itu penggunaan VTP dan VLAN pada topologi jaringan cabang dapat membantu proses manajemen jaringan.

 

Kata kunci : Jaringan, MPLS, Label Switching, GNS3

 

Abstract

 

Diponegoro University is one of the major educational institutions in Indonesia, which has several campuses spread. To make communication and the exchange of data easier, then in this research is analyzed and designed the development of the existing networks by using Multiprotocol Label Switching (MPLS) technology and simulation using the Graphical Network Simulator (GNS3) which connects multiple campus locations to increase network performance. MPLS is a packet forwarding technology on high-speed backbone network. The principle work is combining some advantages of circuit-switched communication systems and packet-switched technology that give the better of the two. The steps in this research are the system requirements analysis, design, manufacturing simulation and testing.The results is an MPLS modeling using GNS3. Analysis of the results of research conducted by comparing the delay time between the existing network simulation with the new MPLS network design that provides evidence that the performance of the network increases seen from the decreased delay time. Tests on the results of the  study using three methods: ping, traceroute, and using Wireshark. Ping aims to prove connections between devices in the network. Traceroute aims shows the route of packets in the network. Wireshark is used to prove the existence of MPLS packets that pass through a cable to the network. Conclusion is the MPLS label switching can improve  network performance. In addition, the use of VTP and VLANs on the network topology branches can help the process of network management.

 

Keywords: Network, MPLS, Label Switching, GNS3
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.