1Jurusan Teknik Elektro , Indonesia
2Fakultas Teknik – Universitas Diponegoro, Indonesia
3Jl. Prof. Sudharto, SH – Tembalang, Semarang , Indonesia
4 Jawa Tengah 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient1396, author = {Lukas Aditratika and Kodrat Satoto and R. Isnanto}, title = {PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK REALITAS MAYA KAMPUS TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO BERBASIS C#}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {1}, number = {4}, year = {2012}, keywords = {}, abstract = { Abstrak Pada kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro terdapat dua buah gedung utama. Seringkali para pengunjung, mahasiswa baru, tamu-tamu, dan mereka yang baru pertama kali datang ke kampus Teknik Elektro Universitas Diponegoro, mengalami kesulitan dalam hal navigasi dan mencari lokasi dari ruang-ruang yang ada di gedung kampus tersebut dikarenakan banyaknya ruangan dan lantai di tiap-tiap gedung tersebut. Salah satu cara untuk mempermudah mereka menemukan lokasi yang mereka cari adalah dengan membuat sebuah perangkat lunak realitas maya yang dapat memberi navigasi dan menunjukkan tempat yang dimaksud dengan mudah. Studi ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang mampu membantu pengguna dalam menjelajah kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro secara realitas maya. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur jelajah dan jelajah otomatis yang menjawab kebutuhan utama penjelajahan kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Kata kunci: perangkat lunak , realitas maya, C# , Unity3D Abstract There are two main buildings in Electrical Engineering Department in Diponegoro University. Often, visitors, new students, guests, and those who first come to Electrical Engineering buildings, feel hard to navigate, and find locations of the rooms they are looking for, because of the fact that there are abundant numbers of rooms and floors in each of the buildings. One of the ways to ease those who find difficulties in finding locations in Electrical Engineering Building, is to design a virtual reality software that enables the users to navigate and find the places easily. This study created a virtual reality software that is able to help users navigate around Electrical Engineering Department Buildings in Diponegoro University. This software is equipped with navigation and auto-navigation features which answer the primary needs of navigation in Electrical Engineering Department building in Diponegoro University. Keywords: software, virtual reality, C#, Unity3D }, issn = {2685-0206}, pages = {340--347} doi = {10.14710/transient.v1i4.340-347}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/1396} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Pada kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro terdapat dua buah gedung utama. Seringkali para pengunjung, mahasiswa baru, tamu-tamu, dan mereka yang baru pertama kali datang ke kampus Teknik Elektro Universitas Diponegoro, mengalami kesulitan dalam hal navigasi dan mencari lokasi dari ruang-ruang yang ada di gedung kampus tersebut dikarenakan banyaknya ruangan dan lantai di tiap-tiap gedung tersebut. Salah satu cara untuk mempermudah mereka menemukan lokasi yang mereka cari adalah dengan membuat sebuah perangkat lunak realitas maya yang dapat memberi navigasi dan menunjukkan tempat yang dimaksud dengan mudah. Studi ini menghasilkan sebuah perangkat lunak yang mampu membantu pengguna dalam menjelajah kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro secara realitas maya. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur jelajah dan jelajah otomatis yang menjawab kebutuhan utama penjelajahan kampus Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro.
Kata kunci: perangkat lunak, realitas maya, C#, Unity3D
Abstract
There are two main buildings in Electrical Engineering Department in Diponegoro University. Often, visitors, new students, guests, and those who first come to Electrical Engineering buildings, feel hard to navigate, and find locations of the rooms they are looking for, because of the fact that there are abundant numbers of rooms and floors in each of the buildings. One of the ways to ease those who find difficulties in finding locations in Electrical Engineering Building, is to design a virtual reality software that enables the users to navigate and find the places easily. This study created a virtual reality software that is able to help users navigate around Electrical Engineering Department Buildings in Diponegoro University. This software is equipped with navigation and auto-navigation features which answer the primary needs of navigation in Electrical Engineering Department building in Diponegoro University.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id