skip to main content

ANALISIS KEANDALAN KOMPOSIT PEMBANGKIT DAN TRANSMISI (KONTINGENSI N-2) SISTEM TENAGA LISTRIK

*Nandi Wardhana  -  Jurusan Teknik Elektro , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Abstrak

Sistem tenaga listrik berfungsi untuk menyuplai energi listrik ke pelanggan. Dalam fungsinya untuk menyalurkan energi listrik tersebut maka sistem tenaga listrik dituntut untuk menghasilkan energi dengan tingkat keandalan yang baik. Untuk itu dalam perencanaan sistem tenaga listrik perlu dilakukan suatu evaluasi keandalan. Dari evaluasi keandalan ini akan didapatkan besaran kuantitatif yang menggambarkan tingkat keandalan dari sistem tenaga listrik. Pada penelitian ini akan dilakukan simulasi untuk menghitung indeks keandalan sistem tenaga listrik dengan model komposit yang memperhitungkan keandalan pembangkit dan keandalan saluran. Teknik analisis data menggunakan analisis aliran daya dengan metode Newton-Rhapson, sedangkan sebagai program bantu (software) menggunakan software MATLAB. Sebagai batasan-batasan kendala operasi sistem yaitu batasan tegangan bus, batasan kapasitas arus saluran, batasan daya aktif pembangkit dan batasan daya reaktif pembangkit. Batasan tingkat kontingensi yang digunakan pada program simulasi adalah sampai dengan kontingensi tingkat kedua (kontingensi N-2) yang mana terjadi lepasnya dua komponen sekaligus dan sebagai komponen pemutusannya adalah komponen pembangkit dan komponen saluran.

Kata kunci : keandalan komposit pembangkit dan transmisi sistem tenaga listrik, kontingensi N-2, indeks keandalan.

Abstract

Power system serves to supply electrical energy to customers. In a function to distribute electrical energy, the power system is required to produce energy with a good level of reliability. From the evaluation of the reliability it can describe the reliability of the power system. This penelitian was carried out by a simulation to calculate the reliability index that take into account the reliability of generator and transmission lines. Data analysis techniques uses power flow analysis based Newton-Rhapson methods and uses MATLAB software. Constraints in this analysis are the system bus voltage, the lines current capacity, active and reactive generation. Limitation of contingency levels is contingency N-2. Contingencies components are generators and transmission lines.

Keywords: reliability of composite generation and transmission of electric power systems, contingency N-2, the reliability index
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.