1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient10038, author = {Praptiandari Puspitasari and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {DESAIN SISTEM KONTROL ADAPTIVE EURAL FUZZY INFERENCE SYSTEM (ANFIS) UNTUK PENGATURAN IGNITION TIMING PADA MODEL SPARK IGNITION ENGINE}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {waktu pengapian, ANFIS, kecepatan mesin, spark ignition engine, spark advance}, abstract = { Abstrak Kebanyakan mesin (kecuali diesel) saat ini menggunakan percikan listrik untuk membakar campuran bensin dan udara. Percikan harus terjadi pada waktu yang tepat atau mesin tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu bagian penting dalam proses pembakaran adalah sistem pengapian (ignition). Waktu pengapian dinyatakan dengan sudut (spark advance) yang merupakan perbandingan posisi piston saat terjadi loncatan bunga api pada busi dengan titik mati atas piston. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan kinerja mesin terhadap masukan throttle, spark advance dan beban (external torque) dengan perangkat lunak komputasi. Pengendalian kecepatan mesin dilakukan menggunakan kontrol Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS) sebagai pengendali tiruan PI. Pengujian Sistem dilakukan dengan memberikan beban (external torque) menggunakan sinyal anak tangga dan sinyal random. Hasil pengujian menunjukkan pengendalian menggunakan kontrol ANFIS mampu menjaga kecepatan mesin tepat atau mendekati referensi. Pengujian dengan kontrol ANFIS sebagai pengendali tiruan PI mampu menghasilkan nilai IAE lebih rendah dibandingkan kontrol PI, yaitu rengan rata-rata IAE ANFIS sebesar 118,92 sedangkan IAE PI sebesar 132,36. Kata kunci: waktu pengapian, ANFIS, kecepatan mesin, spark ignition engine, spark advance Abstract Most engines (except diesel) use an electric spark to burn a mixture of gasoline and air. Spark must occur at the right time or the engine will not run properly. The important part of the combustion process is the ignition system. Ignition timing expressed by angle (spark advance) which the ratio of piston position during with a top dead center of the piston. The study was conducted by simulating the performance of the engine to the input throttle, spark advance and load using computation software. Engine speed is controlled using Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS). System testing was done by providing load using a step signal and random signal. The test results show that controlling system with ANFIS is able to keep the engine speed at determined value. Testing the systemwith ANFIS produces smaller IAE value (118,92) than the PI control (132,36). Keywords : ignition timing, ANFIS, engine speed, spark ignition engine, spark advance }, issn = {2685-0206}, pages = {780--785} doi = {10.14710/transient.v4i3.780-785}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/10038} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Kebanyakan mesin (kecuali diesel) saat ini menggunakan percikan listrik untuk membakar campuran bensin dan udara. Percikan harus terjadi pada waktu yang tepat atau mesin tidak akan berjalan dengan baik. Salah satu bagian penting dalam proses pembakaran adalah sistem pengapian (ignition). Waktu pengapian dinyatakan dengan sudut (spark advance) yang merupakan perbandingan posisi piston saat terjadi loncatan bunga api pada busi dengan titik mati atas piston. Penelitian dilakukan dengan mensimulasikan kinerja mesin terhadap masukan throttle, spark advance dan beban (external torque) dengan perangkat lunak komputasi. Pengendalian kecepatan mesin dilakukan menggunakan kontrol Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS) sebagai pengendali tiruan PI. Pengujian Sistem dilakukan dengan memberikan beban (external torque) menggunakan sinyal anak tangga dan sinyal random. Hasil pengujian menunjukkan pengendalian menggunakan kontrol ANFIS mampu menjaga kecepatan mesin tepat atau mendekati referensi. Pengujian dengan kontrol ANFIS sebagai pengendali tiruan PI mampu menghasilkan nilai IAE lebih rendah dibandingkan kontrol PI, yaitu rengan rata-rata IAE ANFIS sebesar 118,92 sedangkan IAE PI sebesar 132,36.
Kata kunci: waktu pengapian, ANFIS, kecepatan mesin, spark ignition engine, spark advance
Abstract
Most engines (except diesel) use an electric spark to burn a mixture of gasoline and air. Spark must occur at the right time or the engine will not run properly. The important part of the combustion process is the ignition system. Ignition timing expressed by angle (spark advance) which the ratio of piston position during with a top dead center of the piston. The study was conducted by simulating the performance of the engine to the input throttle, spark advance and load using computation software. Engine speed is controlled using Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS). System testing was done by providing load using a step signal and random signal. The test results show that controlling system with ANFIS is able to keep the engine speed at determined value. Testing the systemwith ANFIS produces smaller IAE value (118,92) than the PI control (132,36).
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id