1Jurusan Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang , Indonesia
2Jl. Prof. Sudharto, SH, Kampus UNDIP Tembalang, Semarang 50275, Indonesia, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Transient10000, author = {Ezufatrin Ezufatrin and Aris Triwiyatno and Budi Setiyono}, title = {SISTEM AUTOPILOT PADA UNMANNED GROUND VEHICLE (UGV) MENGGUNAKAN KENDALI LOGIKA FUZZY}, journal = {Transient: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro}, volume = {4}, number = {3}, year = {2015}, keywords = {UGV, autopilot, GPS, Fuzzy}, abstract = { Abstrak Unmanned Ground Vehicle (UGV) merupakan perangkat mekanik yang bergerak di atas permukaan tanah dan berfungsi sebagai sarana membawa atau mengangkut sesuatu, namun tidak disertai manusia didalamnya. UGV banyak digunakan didalam berbagai medan yang sulit ditempuh ataupun berbahaya bagi keselamatan manusia, misal untuk lokasi bencana alam, radiasi, ataupun untuk menjinakkan bom dalam dunia militer. UGV terkadang harus beroperasi pada rentang waktu yang lama, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodir hal tersebtu, sistem ini disebut dengan sistem autopilot. Pada penelitian tugas akhir ini UGV dilengkapi Sensor yang digunakan dalam bernavigasi, sensor tersebut adalah GPS, magnetometer dan rotary encoder. Data dari GPS digabungkan dengan data posisi dari rotary encoder dan magnetometer dengan menggunakan complementary filter, sehingga didapat data posisi yang lebih baik. sistem kendali yang dirancang dalam penelitian ini adalah sistem kendali logika fuzzy. Implementasi perancangan logika fuzzy dalam penelitian ini menghasilkan data yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dengan mampunya UGV mencapai titik target, selain dari itu persimpangan yang dibentuk adalah 0.74m-1.52m. Nilai ini tidak lebih besar dari rentang akurasi GPS yaitu 2.5m. Kata Kunci : UGV , autopilot, GPS, Fuzzy Abstract Unmanned Ground Vehicle (UGV) is a mechanical device that moves on the ground and serves as a means to carry or transport something, without the present of humans to drive it. UGV is mostly utilized in many difficult and danger area for human safety, natural disaster, radiation, ond defusing bomb in the military. In a specified situation UGV has to use in long duration of operation ther therefore an autopilot system is required. The sensors that used in navigation are GPS, magnetometer and a rotary encoder in this work. Data from the GPS receiver, rotary encoder and magnetometer ware combined using the complementary filter, in order to get better data position. Control system designed in this research was fuzzy logic control system. Data result from fuzzy logic design in this research were good enough. It could be seen from the capability of UGV that it could reach the target point with error 0.74m – 1.52m. This error is not bigger than 2.5m as GPS’s error. Keywords: UGV, autopilot, GPS, Fuzzy }, issn = {2685-0206}, pages = {542--550} doi = {10.14710/transient.v4i3.542-550}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient/article/view/10000} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Unmanned Ground Vehicle (UGV) merupakan perangkat mekanik yang bergerak di atas permukaan tanah dan berfungsi sebagai sarana membawa atau mengangkut sesuatu, namun tidak disertai manusia didalamnya. UGV banyak digunakan didalam berbagai medan yang sulit ditempuh ataupun berbahaya bagi keselamatan manusia, misal untuk lokasi bencana alam, radiasi, ataupun untuk menjinakkan bom dalam dunia militer. UGV terkadang harus beroperasi pada rentang waktu yang lama, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengakomodir hal tersebtu, sistem ini disebut dengan sistem autopilot. Pada penelitian tugas akhir ini UGV dilengkapi Sensor yang digunakan dalam bernavigasi, sensor tersebut adalah GPS, magnetometer dan rotary encoder. Data dari GPS digabungkan dengan data posisi dari rotary encoder dan magnetometer dengan menggunakan complementary filter, sehingga didapat data posisi yang lebih baik. sistem kendali yang dirancang dalam penelitian ini adalah sistem kendali logika fuzzy. Implementasi perancangan logika fuzzy dalam penelitian ini menghasilkan data yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dengan mampunya UGV mencapai titik target, selain dari itu persimpangan yang dibentuk adalah 0.74m-1.52m. Nilai ini tidak lebih besar dari rentang akurasi GPS yaitu 2.5m.
Kata Kunci : UGV, autopilot, GPS, Fuzzy
Abstract
Unmanned Ground Vehicle (UGV) is a mechanical device that moves on the ground and serves as a means to carry or transport something, without the present of humans to drive it. UGV is mostly utilized in many difficult and danger area for human safety, natural disaster, radiation, ond defusing bomb in the military. In a specified situation UGV has to use in long duration of operation ther therefore an autopilot system is required. The sensors that used in navigation are GPS, magnetometer and a rotary encoder in this work. Data from the GPS receiver, rotary encoder and magnetometer ware combined using the complementary filter, in order to get better data position. Control system designed in this research was fuzzy logic control system. Data result from fuzzy logic design in this research were good enough. It could be seen from the capability of UGV that it could reach the target point with error 0.74m – 1.52m. This error is not bigger than 2.5m as GPS’s error.
Article Metrics:
Last update:
Penulis yang menyerahkan naskah perlu menyetujui bahwa hak cipta dari artikel tersebut akan diserahkan ke TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal. Hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm, dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahannya.
TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro dan Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro dan Editor berusaha keras untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah atau menyesatkan dipublikasikan di jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TRANSIENT: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Formulir Transfer Hak Cipta dapat diunduh di sini: [Formulir Transfer Hak Cipta Transient]. Formulir hak cipta harus ditandatangani dan dikirim ke Editor dalam bentuk surat asli, dokumen pindaian atau faks:
Dr. Wahyudi (Ketua Editor)Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, IndonesiaJl. Prof. Sudharto, Tembalang, Semarang 50275 IndonesiaTelepon/Facs: 62-24-7460057Email: transient@elektro.undip.ac.id