Penurunan Kadar TDS Pada Limbah Tahu Dengan Teknologi Biofilm Menggunakan Media Biofilter Kerikil Hasil Letusan Gunung Merapi Dalam Bentuk Random

Nur Ilman Ilyas, Winardi Dwi Nugraha, Sri Sumiyati

Abstract


Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri dari skala kecil hingga skala besar mengakibatkan peningkatan pula terhadap jumlah buangan yang dihasilkan. Pada studi kasus ini adalah limbah industri pembuatan tahu. Salah satu bahan pencemar yang terdapat di dalam limbah tahu ini adalah kandungan TDS. Teknik yang digunakan adalah  pembentukan biofilm menggunakan media biofilter kerikil hasil letusan gunung merapi dalam bentuk random. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan  aplikasi dari proses biofilm dalam penurunan kadar TDS dalam limbah tahu serta efisiensi penurunan dari konsentrasi tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan 4 buah reaktor dengan sistem kontinyu serta memvariasikan waktu tinggal dalam reaktor. Adapun waktu tinggal yang digunakan adalah 60, 45, 30, dan 15 jam. Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa penurunan konsentrasi TDS mencapai 91,23%. Dengan nilai penurunan untuk TDS dari 975 mg/l menjadi 73 mg/l.

Keywords


kerikil hasil letusan gunung merapi, biofilm, , biofilter random

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Teknik Lingkungan by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/tlingkungan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats