skip to main content

TUTURAN IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH KARTINI DALAM KAJIAN PRAGMATIK


Citation Format:
Abstract

Pelanggaran yang dilakukan pengiklan dimaksudkan agar pembaca mengetahui produk yang ditawarkan, sehingga tertarik menggunakan produk
tersebut. Adapun prinsip kerja sama yang terdapat di dalam majalah tersebut adalah prinsip kuantitas, kualitas, relevansi dan pelaksanaan atau cara. Semua iklan kecantikan dalam majalah tersebut mengandung prinsip kerja sama maksim kualitas. Karakteristik bahasa iklan kecantikan majalah Kartini dapat dilihat dari ortografinya; seperti penyimpangan EYD dalam penulisan iklan, pilihan kata yang digunakan pengiklan, dan penggunaan kata-kata yang khas sehingga mampu menarik minat pembaca. Penulisan iklan kecantikan menggunakan kolokasi kata, yakni kosa kata yang hanya ditemukan di dalam iklan kecantikan, misalnya cantik, anggun, lembut, lembab, harum, memesona, aromatik dan lain-lain.

Fulltext View|Download
Keywords: tuturan iklan kecantikan; kajian pragmatik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.