skip to main content

ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN SUSU ANAK MAJALAH AYAHBUNDA (EDISI JUNI 2010 – MEI 2011)

*Bahtiar Efendi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Iklan adalah salah satu bentuk komunikasi. Sebagai salah satu bentuk komunikasi, iklan mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Fungsi tersebut antara lain fungsi informasi, fungsi persuasif, dan fungsi pengingat. Produsen akan membuat iklan untuk produknya agar produk tersebut lebih diketahui oleh publik dan dibeli oleh konsumen. Salah satu iklan yang menarik perhatian saat ini adalah iklan susu anak. Beragam produk susu anak yang ditawarkan oleh para produsen menciptakan daya saing yang ketat. Dengan harga dan kandungan isi yang sedikit berbeda, tentu saja dibutuhkan daya tarik lebih agar calon konsumen membeli produk mereka. Salah satunya yaitu dengan menggunakan permainan bahasa. Permainan bahasa iklan susu anak ini dapat dilihat penggunaan gaya bahasa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penggunaan gaya bahasa judul iklan susu anak, khususnya pada majalah Ayahbunda. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif. Penelitian ini diawali dengan penyediaan data iklan yang benar-benar ada dan terjamin kesahihannya, dari 17 produk susu dengan 46 judul iklan terpilih 10 produk susu dengan 21 judul. Kemudian tahap klasifikasi dan mendeskripsikan data menurut teori. Tahap selanjutnya yaitu penganalisisan yang disampaikan dengan fakta sehingga terwujudlah sebuah fenomena bahasa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stilistika: hubungan penelitian gaya bahasa dengan linguistik dan macam-macam gaya bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa yang banyak digunakan oleh para produsen susu anak adalah gaya bahasa asonansi karena perulangan bunyi vokal yang sama lebih menarik perhatian para calon konsumen untuk melihat iklan tersebut, menghapal bunyi iklan, kemudian tertarik untuk membelinya.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.