skip to main content

RAGAM BISNIS IKLAN MINUMAN BERSODA

*Hesti Hana Septiani  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Wacana dalam iklan minuman bersoda kebanyakan menerapkan prinsip keekonomisan kata sehingga mempunyai transparansi maksud yang rendah. Memperhatikan penyusunan dan pemilihan diksi serta ketepatan tanda baca menjadi gaya atau kekhasan dari suatu iklan, sehingga lebih mengena ke receiver. Adapun konsep-konsep teoritis yang penulis gunakan sebagai landasan penelitian, meliputi (1) Ragam bahasa dan (2) Keekonomisan kata. Jenis iklan pada iklan minuman bersoda dengan sampel Coca-Cola, Sprite dan Fanta termasuk dalan iklan komersial dan iklan non-komersial. Sedangkan menurut sifatnya terdapat iklan informatif, iklan persuasif, iklan pengingat. Sedangkan ragam bahasa yang terdapat dalam iklan Coca-Cola, Sprite dan Fanta adalah ragam bahasa berdasarkan siapa yang diajak bicara dan tujuan di keluarkannya iklan tersebut. Variasi bahasa dari segi pemakaiannya, variasi bahasa dari segi keformalan dan variasi bahasa dari segi sarana. Analisis bahasa menggungkapan penandaan ikon, simbol, model dan teks yang terdapat dalam iklan. Arti kehadiran media verbal (bahasa) dan non-verbal (gambar, warna, model dll) dalam pengungkapan tujuan atau maksud sebuah iklan. Gambar dan model merupakan visual dari penawaran produk. Gambaran dari ekspresi model atau ikon dan simbol yang digunakan sebagai penanda untuk menghasilkan efek bujukan dan pengingat pada receiver. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini berupa deskripsi mengenai tipe, jenis, wujud penanda referensial variasi bahasa iklan minuman bersoda dengan sampel Coca-Cola, Sprite dan Fanta. Kata kunci: iklan ,Ragam bahasa.
Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.