skip to main content

Kosakata Verba Bahasa Indonesia pada Anak-Anak Usia Kelompok Bermain (KB)

*'Ainussyifa Dinawati  -  Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Anak-anak usia Kelompok Bermain (KB) termasuk anak usia dini. Verba itu ialah satuan gramatikal yang didampingi partikel tidak dan tidak dapat didahului preposisi di, ke, dari, atau dengan partikel sangat, lebih atau agak (Kridalaksana, 1990:49).

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penentuan verba, ciri verba pengisi predikat, serta penggunaan verba dilihat dari bentuk, ciri, dan fungsi dalam kalimat bahasa Indonesia anak-anak Kelompok Bermain (KB).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan sintaksis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak. Tiga tahap strategis dalam kegiatan ilmiah yaitu tahap pengumpulan data, penganalisisan data, dan penyajian analisis data. Tahap pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data, data dianalisis menurut teknik bagi unsur langsung (BUL), dan metode penyajian hasil analisis  dalam penelitian ini bersifat deskriptif, yang semata-mata berdasarkan pada data, sehingga hasil perian itu merupakan gambaran kosakata verbal bahasa Indonesia yang sesungguhnya digunakan oleh anak-anak Kelompok Bermain (KB) Islam Sabila Tlogosari Semarang.

Hasil penelitian ini adalah penentuan verba kalimat bahasa Indonesia anak-anak Kelompok Bermain (KB) yang diuji secara morfologis dan sintaksis. Setelah diklasifikasikan secara morfologi tuturan kata verba anak-anak Kelompok Bermain (KB) peneliti mendapatkan 15 kata verba dasar, 2 kata verba meN-dasar, 8 kata verba di-dasar, 1 kata verba di-dasar-i, 1 kata verba ke-dasar-an, dan 2 kata verba ber-dasar. Ciri verba pengisi predikat sebagai penguasa fungsional kalimat dan sebagai pembatasnya adalah O, K, dan Pel dalam kalimat bahasa Indonesia anak-anak Kelompok Bermain (KB). Ketiga pembatas di atas melibatkan afiks me-, ke--an, dan se-, atau ber-, atau ter-. Semua afiks di atas kecuali afiks se- dan ter- tidak dimiliki anak-anak Kelompok Bermain (KB) sebagai penggunaan kata verba berdasarkan cirinya. Penggunaan verba dalam kalimat bahasa Indonesia anak-anak Kelompok Bermain (KB) dilihat dari bentuk, ciri, dan fungsi.

Kata Kunci : kata verba, anak-anak usia Kelompok Bermain (KB), kalimat.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kata Verba; Anak-anak Usia Kelompok Bermain (KB); Kalimat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.