skip to main content

Leksikostatistik Bahasa Aceh, Bahasa Alas, dan Bahasa Gayo: Kajian Linguistik Historis Komparatif

*KURNIA NOVITA SARI  -  Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Leksikostatistik yaitu suatu teknik yang berusaha menemukan keterangan-keterangan atau data-data untuk suatu tingkat waktu yang tua dalam bahasa gunamenentukan usia bahasa dan pengelompokan bahasa-bahasa (Keraf, 1996:121122).
Penelitian ini mengkaji bahasa Aceh, bahasa Alas, dan bahasa Gayo yangtermasuk ke dalam rumpun Austronesia atau Melayu Polinesia. Asumsi mengenaikekerabatan ketiga bahasa yakni pada kenyataan adanya kesamaan dan kemiripandalam bentuk dan makna yang merupakan pantulan dari warisan sejarah yangsama.  Hubungan kekerabatan dan waktu pisah antara bahasa Aceh, bahasa Alas,dan bahasa Gayo dalam penelitian ini dikaji dengan menggunakan metodepengelompokan bahasa serta teknik leksikostatistik. Tahap pertama,mengumpulkan 300 kosakata dasar yang disusun oleh Morris Swades. Metodeyang digunakan dalam penyediaan data ini adalah metode referensial, sedangkanteknik yang digunakan adalah teknik catat. Kedua, menetapkan pasanganpasanganmanadariketigabahasatadiyangmerupakanbahasakerabat(cognate).
Ketiga,
menghitung usia dan waktu pisah ketiga bahasa. Keempat, menghitungjangka kesalahan untuk menetapkan waktu pisah yang lebih tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahasa Aceh, bahasa Alas, dan bahasaGayo termasuk dalam kategori keluarga (family) bahasa. Persentase kata kerabatbahasa Aceh dan bahasa Alas sebesar 53%, bahasa Aceh dan bahasa Gayo sebesar57%, bahasa Alas dan bahasa Gayo sebesar 62%. Bahasa Aceh dan bahasa Alasmerupakan bahasa tunggal pada 1590-1336 tahun yang lalu, diperkirakan mulaiberpisah dari bahasa Proto kira-kira tahun 422-676 M. Bahasa Aceh dan bahasaGayo merupakan bahasa tunggal pada 1411-1177 tahun yang lalu, diperkirakanmulai berpisah dari bahasa Proto kira-kira tahun 601-835 M. Bahasa Alas dan bahasa Gayo merupakan bahasa tunggal pada 1207-995 tahun yang lalu,diperkirakan mulai berpisah dari bahasa Proto kira-kira tahun 805-1017 M(dihitung pada tahun 2012).
Fulltext View|Download
Keywords: leksikostatistik, kekerabatan, waktu pisah, bahasa Aceh, bahasa Alas, bahasa Gayo.

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.