FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI MASYARAKAT UNTUK TETAP BERTEMPAT TINGGAL DI KAWASAN BENCANA ROB KELURAHAN KEMIJEN KECAMATAN SEMARANG TIMUR KOTA SEMARANG

Ananto Bangkit Pradana, Mussadun .

Abstract


Abstrak: Bencana Rob sering terjadi di Kota Semarang. Berdasarkan data BMKG Kota Semarang, sejak bulan April hingga Mei tahun 2012, rob telah menggenangi sejumlah wilayah pesisir Kota Semarang, dan yang terparah adalah Kecamatan Semarang Utara dan Kecamatan Semarang Timur dengan ketinggian rob antara 50 cm hingga 100 cm. Namun masih banyak terdapat permukiman kumuh pada kawasan tersebut. Seperti pada permukiman kumuh yang terletak di Kelurahan Kemijen Semarang Timur. Pada Kelurahan ini ketinggian rob dapat mencapai hingga 100 cm berdasarkan data BMKG Bulan Mei tahun 2012 dalam Harian Suara Karya Semarang. Akibat bencana rob yang semakin parah dari tahun ke tahun, penduduk yang berada di permukiman tersebut harus selalu beradaptasi dengan bencana rob dengan cara meningkatkan lantai, membuat bendungan kecil di depan rumah, meninggikan jalan lingkungan, dan membangun tanggul disekitar area pemukiman. Untuk melakukan hal tersebut membutuhkan jumlah uang yang tidak sedikit yang harus dikeluarkan setiap lima tahun. Namun mereka tetap menginginkan untuk tinggal di daerah rawan bencana rob seperti di Kelurahan Kemijen, Semarang Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat ditinjau dari aspek fisik alam dan fisik buatan, sosial dan perekonomian, untuk tetap bertempat tinggal di permukiman pesisir kumuh dan rawan bencana rob yang terdapat di Kelurahan Kemijen Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi preferensi masyarakat untuk tetap bertempat tinggal di Kelurahan Kemijen Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang. Faktor pertama yang paling mempengaruhi preferensi masyarakat untuk tetap tinggal di Kelurahan Kemijen dengan nilai variansi terbesar yaitu 32,450%. adalah kondisi aksesibilitas dan kondisi sosial yang terdiri dari variabel kondisi hubungan kekeluargaan, tingkat keamanan, organisasi lingkungan dan hubungan tetangga di Kelurahan Kemijen.


Kata Kunci : Kawasan Kumuh, Kawasan Bencana, Bencana Rob, Preferensi

 

Abstract: Tidal flood hazard often occur in the city of Semarang. Based on  BMKG Semarang, from April to May in 2012, Tidal flood has been flooded several coastal areas of the city, and the worst is, the District of North Semarang and Semarang District East, with tidal height between 50 cm to 100 cm. But still there are many slums  in the areas. As in the slums located in the Village of East Semarang Kemijen.  At this village tidal heights can reach up to 100 cm based on data BMKG In May of 2012 in Semarang Suara Karya. Tidal flood hazard is getting worse from year to year, the population residing in these settlements must always adapt to tidal flood hazard by increasing the floor, made a small dam in front of the house, elevating roads, and building embankments around residential areas. To do so, required much money that must be paid every five years. But they still want to live in disaster-prone areas such as in Kemijen, East Semarang. This study aims to determine the factors that influence people's preferences in terms of the physical aspects of the natural and artificial physical, social and economic, to remain living in slum settlements and disaster-prone coastal tidal flood hazard located in Kemijen, East Semarang District, Semarang City. Results of the study showed that there are five factors that influence people's preference to remain living in Kemijen, East Semarang. The first factor that most affects people's preference to remain in the Village Kemijen with the largest variance value is 32.450 % is the condition of accessibility and social conditions consisting of kinship variable conditions, the level of safety, environmental organizations and neighbors in the Village Kemijen relationship.


Keywords : Slum, Disaster Zone, Tidal Flood Disaster, Preferences


Full Text:

PDF


View My Stats