skip to main content

PENGARUH KEMAMPUAN PETUGAS JAK LINGKO DAN SOSIALISASI TERHADAP IMPLEMENTASI PROGRAM JAK LINGKO SEBAGAI LAYANAN SISTEM TRANSPORTASI UMUM TERINTEGRASI (STUDI PADA MASYARAKAT JAKARTA TIMUR)

*Ananda Dini Nurhaliza  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Amni Zarkasyi Rahman  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang

Citation Format:
Abstract
Implementasi merupakan salah satu rangkaian dalam mewujudkan kebijakan yang ideal. Pemerintah harus mampu meminimalisir kegagalan dengan tanggap dalam menghadapi tantangan implementasi kebijakan seperti masalah sumber daya manusia dan komunikasi. Esensial kebijakan publik berasal dari bagaimana substansi kebijakan dapat mengatasi masalah di sebuah daerah. Jakarta memiliki rata-rata kemacetan sebesar 53% dan salah satu upaya yang dilakukan dengan membuat program transportasi umum terintegrasi yaitu Program Jak Lingko. Dibalik kecanggihan yang dirasakan pengguna, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala yang dirasakan seperti ketidaksesuaian jadwal, pelayanan kurang prima, dan kendala transaksi atau dapat dikatakan masalah tersebut berkaitan dengan petugas dan proses sosialisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Petugas (X1) dan Sosialisasi (X2) secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner ke 100 sampel dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda yang meliputi uji f, uji t, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan Kemampuan Petugas (X1) dan Sosialisasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Implementasi Program Jak Lingko di wilayah Jakarta Timur (Y). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa model regresi mampu menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan nilai sedang sebesar 45,5% sisanya sebesar 55,5% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dicantumkan ke dalam penelitian. Adapun saran yang diberikan yaitu dengan melakukan peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan Service Excellence dan Care Training for Controller serta pembuatan fitur live chat serta optimalisasi layanan call center
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Implementasi, Jak Lingko, Kebijakan Publik, Kemampuan Petugas, Sosialisasi

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.