skip to main content

ANALISIS KINERJA ORGANISASI BIDANG PASAR DINAS PERDAGANGAN DAN KOPERASI UKM, KABUPATEN REMBANG

*FELDYO WIJAYA  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Retna Hanani  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Studi ini menganalisis kinerja organisasi Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Koperasi, UKM Kabupaten Rembang, dengan fokus pada pengelolaan pasar tradisional dan implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk Pasar Rakyat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif dan purposive sampling untuk seleksi informan. Triangulasi digunakan untuk menguji keabsahan data. Peneliti menggunakan teori Kinerja Organisasi dari Kumorotomo (1996) yang terdiri dari 3 indikator yaitu efisiensi, efektivitas, dan keadilan serta faktor penghambat Kinerja Organisasi menurut Soesilo (2014) yang terdiri dari 2 indikator yaitu Kebijakan Pengelolaan dan Sistem Informasi Manajemen. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh dimensi kinerja organisasi yaitu efisiensi, efektivitas, dan keadilan belum optimal. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya APBD sehingga berpengaruh kepada rendahnya jumlah pasar SNI serta keadilan dalam penyediaan bengunan dan layanan yang diberikan. Faktor penghambat kinerja organisasi adalah kurangnya inovasi terkait kebijakan pengelolaan dan kurangnya pengembangan sistem pembayaran e-retribusi pasar dan sistem informasi manajemen pasar yang masih dalam tahap pengembangan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Kinerja Organisasi Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Koperasi, UKM Kabupaten Rembang belum baik dan perlu adanya peningkatan kapasitas kinerja dari pihak Bidang Pasar Dinas Perdagangan dan Koperasi, UKM Kabupaten Rembang guna memberikan pelayanan publik yang baik kepada pengguna pasar baik pedagang maupaun masyarakat
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Kinerja Organisasi, Pelayanan Publik, Pasar Rakyat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.