skip to main content

INOVASI PELAYANAN PUBLIK: PROGRAM CEDAKMAS (CEPAT DEKAT MASYARAKAT) DALAM RANGKA MENINGKATKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TUBAN

*Ariya Zulfa Mas’adah  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang
Sri Suwitri  -  S1 Administrasi Publik Kampus Rembang

Citation Format:
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan inovasi program Cedakmas (Cepat Dekat Masyarakat) dalam rangka meningkatkan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tuban. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu informan pemberi layanan dengan menggunakan purposive sampling dan informan penerima layanan menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelayanan yang mendekatkan kepada masyarakat mempunyai dua cara yaitu pelayanan di kecamatan dan pelayanan keliling, kemudahan dalam mengurus dokumen kependudukan, kemudahan dalam proses pembuatan dokumen membututuhkan waktu 3 hari, menghemat biaya (transportasi) kepada masyarakat yang tinggal di daerah pelosok, melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses penerbitan dokumen kependudukan.
Fulltext View|Download
Funding: Inovasi Program, Administrasi Kependudukan, Program Cedakmas (Cepat, Dekat, Masyarakat)

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.