BibTex Citation Data :
@article{JTP8607, author = {Moh. Trimulya S and Imam Mulyatno and Andi Trimulyono}, title = {ANALISA FATIGUE KONTRUKSI CAR DECK KAPAL MOTOR ZAISAN STAR 411 DWT DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {3}, number = {2}, year = {2015}, keywords = {Car deck; fatigue; Vehicle vessel}, abstract = { Vehicle vessel dalah kapal yang dioperasikan untuk menghubungkan 2(dua) Pelabuhan yang dipisahkan oleh Selat. Pada Vehicle vessel memiliki . Car deck adalah komponen struktur konstruksi yang vital karena fungsi untuk muatan kendaraan dengan menopang beban di atasnya. Analisa fatigue digunakan untuk meninjau daerah hotsport strees yang rawan terjadi crak pada suatu material . Hasil analisa fatigue diambil nilai stress terbesar dan diambil nilai siklus terpendek pada setiap variasi pembebanan. Pada penelitian ini menggunakan bantuan soft ware MSC Nastran Patran yang dipergunakan untuk membantu memperoleh hasil tegangan dan demage dari suaru konstruksi car deck . Pada proses awal pemodelan mengunakan MSC Patran untuk selanjutnya dilakukan messhing untuk membagi bidang konstruksi car deck menjadi elemen-elemen yang lebih kecil setelah prose messhing pemberian variasi pembebanan setiap kondisi adapun kondisi muatan penuh, kondisi Shagging, dan kondisi Hogging. Setelah Proses Running diperoleh hasil stress . Kondisi full loads didapatkan nilai strees sebesar 118 Mpa, siklus sebanyak 0,98 x10 8 memiliki umur 25,47 tahun. Kondisi shagging didapat nilai stre s s sebesar 190 Mpa, siklus sebesar 0,77x10 8 memiliki umur 20,10 tahun.Kondisi Hogging didapat nilai strees sebesar 173 Mpa, siklus sebesar 0,86 x10 8 memiliki umur 22,34 tahun. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/8607} }
Refworks Citation Data :
Vehicle vessel dalah kapal yang dioperasikan untuk menghubungkan 2(dua) Pelabuhan yang dipisahkan oleh Selat. Pada Vehicle vessel memiliki. Car deck adalah komponen struktur konstruksi yang vital karena fungsi untuk muatan kendaraan dengan menopang beban di atasnya. Analisa fatigue digunakan untuk meninjau daerah hotsport strees yang rawan terjadi crak pada suatu material. Hasil analisa fatigue diambil nilai stress terbesar dan diambil nilai siklus terpendek pada setiap variasi pembebanan. Pada penelitian ini menggunakan bantuan soft ware MSC Nastran Patran yang dipergunakan untuk membantu memperoleh hasil tegangan dan demage dari suaru konstruksi car deck. Pada proses awal pemodelan mengunakan MSC Patran untuk selanjutnya dilakukan messhing untuk membagi bidang konstruksi car deck menjadi elemen-elemen yang lebih kecil setelah prose messhing pemberian variasi pembebanan setiap kondisi adapun kondisi muatan penuh, kondisi Shagging, dan kondisi Hogging. Setelah Proses Running diperoleh hasil stress. Kondisi full loads didapatkan nilai strees sebesar 118 Mpa, siklus sebanyak 0,98 x108 memiliki umur 25,47 tahun. Kondisi shagging didapat nilai stress sebesar 190 Mpa, siklus sebesar 0,77x108 memiliki umur 20,10 tahun.Kondisi Hogging didapat nilai strees sebesar 173 Mpa, siklus sebesar 0,86 x108 memiliki umur 22,34 tahun.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License