ANALISA SHEAR STRESS PADA STRUKTUR CINCIN KAPAL CRUDE OIL TANKER 6500 DWT BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA

*Andreas Ricardo Hasian Siagian  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, , Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, , Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Distribusi beban yang  tidak merata dan adanya tekanan  muatan serta tekanan air laut pada kapal menyebabkan terjadinya tegangan dan regangan  pada struktur kapal. Salah satu tegangan yang bekerja pada struktur misdsip kapal tersebut adalah tegangan geser. Analisa tegangan geser sangat penting dalam menentukan kuat tidaknya struktur konstruksi kapal. Analisa tegangan geser dilakukan dengan pemeriksaan pada konstruksi midship kapal karena pada bagian tersebut terdapat beban yang paling besar. Jika konstruksi midship kapal telah memenuhi persyaratan tegangan geser dalam klasifikasi, maka bagian konstruksi yang lain dapat dianggap juga telah memenuhi persyaratan tersebut. Hal ini pula yang mendasari penulis melakukan analisa tegangan geser pada kapal Crude Oil Tanker 6500 DWT. Untuk membantu penulis dalam menganalisa tegangan geser, penulis menggunakan alat bantu software berbasis metode elemen hingga dengan melakukan pemodelan 1 ruang muat dengan 4 kondisi pembebanan pada program MSC Patran dengan input pembebanan berdasarkan regulasi Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) 2013. Hasil Analisa tegangan geser dari MSC Nastran selanjutnya dibandingkan dengan batas ijin tegangan geser yang diberikan oleh regulasi BKI 2013. Dari Hasil running MSC Nastran 2012 didapatkan tegangan geser maksimum pada loading condition IV yang terdapat pada center girder dengan nilai sebesar 91,90 N/mm2 pada node @29498 dan allowable shear stress BKI 2013 adalah 100 N/mm2. Dari hasil analisa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tegangan geser pada konstruksi midship kapal Crude Oil Tanker 6500 DWT masih memenuhi peryaratan klasifikasi BKI 2013.

Keywords: Konstruksi;, midship; tegangan geser; analisa

Article Metrics: