PERBANDINGAN PENGGUNAAN MATERIAL ISOTROPI DAN ORTHOTROPI PADA METODE ELEMEN HINGGA UNTUK ANALISA KEKUATAN KAPAL FIBERGLASS

*Daniel Sahala Putra Panggabean  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, , Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, , Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Program Studi S1 Teknik Perkapalan, , Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Material komposit merupakan material yang terbentuk dari kombinasi antara dua atau lebih material pembentuknya melalui pencampuran yang tidak homogen, dimana sifat mekanik dari masing-masing material pembentuknya berbeda. Dewasa ini banyak FEM software yang membantu dalam menganalisa kekuatan struktur suatu bahan,termasuk penggunaan materialnya, menggunakan isotropi atau orthotropi. Dengan menggunakan program bantu FEM software untuk analisa nantinya kita dapat mengetahui kekuatan struktur dari komposit dengan menggunakan material isotropi atau orthotropi, dengan demikuan diharapkan dari analisa tersebut dapat diketahui detail dari material isotropi dan orthotropi.           Pada tugas akhir ini dilakukan analisa local stress yang terjadi pada struktur kedua metode penelitian tersebut dengan bantuan FEM software. Analisa yang digunakan adalah linier static analisys yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan kapal setelah mengalami kondisi pembebanan, karakteristik dan letak tegangan terbesar yang terjadi pada model analisa.           Hasil perhitungan dengan bantuan program komputasi FEM software didapat data untuk beam stresses Maximum Combined, Isotropi didapatkan hasil max. 5,43 x 10N/m2 , min. 1,95 x 103  N/m2 , Orthotropi didapatkan hasil max. 6,45 x 106 N/m, min. 2,35x 103N/m2,dengan nilai deformasi Isotropi 1,04 x 10-2 m atau 6,86 mm, orthotropi 1,36 x 12-2 m atau 13,6 mm.

Keywords: Kapal Patroli BC.15040; Isotropi; Otrhotropi; FEM Software; Linear static analisys; Maximum Stresses; Deformasi

Article Metrics: