BibTex Citation Data :
@article{JTP7927, author = {Taufiq Hidayah and Ahmad Fauzan Zakki and Andi Trimulyono}, title = {ANALISA FATIGUE KAPAL BULK CARRIER 77627 DWT MENGGUNAKAN PROSEDUR COMMON STRUCTURAL RULES FOR BULK CARRIER (CSR)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {3}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {CSR; fatigue; siklus}, abstract = { Kapal bulk carrieradalahsalah satu alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut muatan curah dengan jumlah besar. Banyak faktor teknis yang dapat mempengaruhi kinerja kapal dalam berlayar salah satunya adalah fatigue .Penelitiantentangkelelahankapalperludiperhatikan, sehingga kapal aman saat berlayar. Analisa dan permodelan dalam penelitian kelelahan kapal bulk carrier dilakukan menggunakan acuan rules Common Structural Rules Biro Klasifikasi Indonesia (CSR BKI). Analisa yang digunakan adalah analisa beban dinamis untuk mengetahui fatigue life dan letak hotspot kegagalan terbesar pada konstruksi kapal berdasarkan variasi pembebanan pada CSR. Hasil analisa diambil nilai stress terbesar dan diambil nilai siklus terendah pada setiap variasi pembebanan yang dilakukan. Kondisi full loads didapatkan nilai strees sebesar 144 Mpa, siklus sebanyak 0,733x10 8 .Kondisi heavy ballast didapat nilai stre s s sebesar 123 Mpa, siklus sebesar 0,779x10 8 . Kondisi normal ballast didapat nilai strees sebesar 114 Mpa, siklus sebesar 0,867x10 8 . Setelah didapat semua nilai siklus dan stre s s , dapat diketahui perkiraan umur kapal pada setiap kondisi variasi pembebanan sesuai aturan CSR }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/7927} }
Refworks Citation Data :
Kapal bulk carrieradalahsalah satu alat transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut muatan curah dengan jumlah besar. Banyak faktor teknis yang dapat mempengaruhi kinerja kapal dalam berlayar salah satunya adalah fatigue.Penelitiantentangkelelahankapalperludiperhatikan, sehingga kapal aman saat berlayar. Analisa dan permodelan dalam penelitian kelelahan kapal bulk carrier dilakukan menggunakan acuan rules Common Structural Rules Biro Klasifikasi Indonesia (CSR BKI). Analisa yang digunakan adalah analisa beban dinamis untuk mengetahui fatigue life dan letak hotspot kegagalan terbesar pada konstruksi kapal berdasarkan variasi pembebanan pada CSR. Hasil analisa diambil nilai stress terbesar dan diambil nilai siklus terendah pada setiap variasi pembebanan yang dilakukan. Kondisi full loads didapatkan nilai strees sebesar 144 Mpa, siklus sebanyak 0,733x108.Kondisi heavy ballast didapat nilai stress sebesar 123 Mpa, siklus sebesar 0,779x108. Kondisi normal ballast didapat nilai strees sebesar 114 Mpa, siklus sebesar 0,867x108. Setelah didapat semua nilai siklus dan stress, dapat diketahui perkiraan umur kapal pada setiap kondisi variasi pembebanan sesuai aturan CSR
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License