BibTex Citation Data :
@article{JTP7922, author = {Nofia Maranata and Imam Pujo Mulyatno and Wilma Amiruddin}, title = {ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI KAPAL TUGBOAT ARI 400 HP DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {3}, number = {1}, year = {2015}, keywords = {Tugboat; light weight barge; dead weight barge; Metode elemen hingga}, abstract = { Kapal TugBoat Ari adalah tipe kapal tunda yang beroperasi pada wilayah perairan sungai di pulau Kalimantan. Kapal Tugboat ini digunakan untuk menarik serta mendorong kapal tongkang pengangkut batubara dari wilayah penambangan di pedalaman pulau Kalimantan menuju laut melalui jalur sungai. Beberapa beban tarik dan beban tekan mengakibatkan terjadinya distribusi tegangan terjadi pada bagian haluan kapal dan daerah sekitar towing bolder akibat gerakan menarik dan mendorong yang dilakukan kapal Tugboat . Pada daerah yang mengalami tegangan tersebut dilakukan analisa local stress dengan bantuan program numerik finite element method ( FEM ). Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis yang berasal dari gaya dorong dan gaya tarik kapal Tugboat . Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui karakteristik tegangan dan nilai tegangan terbesar dari konstruksi kapal Tugboat serta mengetahui letak titik kritis pada kapal Tugboat , berdasarkan dua variasi kondisi pembebanan kapal Tugboat yaitu light weight barg e dan dead weight barge . Hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan pada kapal Tugboat dengan variasi pembebanan light weight barge , dead weight barge didapatkan nilai tegangan tertinggi ketika kapal Tugboat melakukan gerakan mendorong dengan pembebanan light weight barge sebesar 42,6 N/mm 2 , untuk pembebanan dead weight barge sebesar 147 N/mm 2 . Nilai tegangan tertinggi ketika kapal Tugboat melakukan gerakan menarik dengan pembebanan light weight barge sebesar 79,1 N/mm 2 , untuk pembebanan dead weight barge sebesar 191 N/mm 2 . Dari hasil nilai tegangan yang didapatkan, disimpulkan bahwa semua nilai tegangan yang terjadi pada kapal Tugboat masih memenuhi safety factor , baik safety factor menurut kriteria bahan maupun safety factor standart BKI. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/7922} }
Refworks Citation Data :
Kapal TugBoat Ari adalah tipe kapal tunda yang beroperasi pada wilayah perairan sungai di pulau Kalimantan. Kapal Tugboat ini digunakan untuk menarik serta mendorong kapal tongkang pengangkut batubara dari wilayah penambangan di pedalaman pulau Kalimantan menuju laut melalui jalur sungai. Beberapa beban tarik dan beban tekan mengakibatkan terjadinya distribusi tegangan terjadi pada bagian haluan kapal dan daerah sekitar towing bolder akibat gerakan menarik dan mendorong yang dilakukan kapal Tugboat. Pada daerah yang mengalami tegangan tersebut dilakukan analisa local stress dengan bantuan program numerik finite element method (FEM). Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis yang berasal dari gaya dorong dan gaya tarik kapal Tugboat. Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui karakteristik tegangan dan nilai tegangan terbesar dari konstruksi kapal Tugboat serta mengetahui letak titik kritis pada kapal Tugboat, berdasarkan dua variasi kondisi pembebanan kapal Tugboat yaitu light weight barge dan dead weight barge. Hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan pada kapal Tugboat dengan variasi pembebanan light weight barge, dead weight barge didapatkan nilai tegangan tertinggi ketika kapal Tugboat melakukan gerakan mendorong dengan pembebanan light weight barge sebesar 42,6 N/mm2, untuk pembebanan dead weight barge sebesar 147 N/mm2. Nilai tegangan tertinggi ketika kapal Tugboat melakukan gerakan menarik dengan pembebanan light weight barge sebesar 79,1 N/mm2, untuk pembebanan dead weight barge sebesar 191 N/mm2. Dari hasil nilai tegangan yang didapatkan, disimpulkan bahwa semua nilai tegangan yang terjadi pada kapal Tugboat masih memenuhi safety factor, baik safety factor menurut kriteria bahan maupun safety factor standart BKI.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License